Advertisement

Dukung Program Makan Siang Gratis, Pemkab Gunungkidul Menyiapkan Sekolah-Sekolah Ini

Andreas Yuda Pramono
Jum'at, 18 Oktober 2024 - 19:07 WIB
Arief Junianto
Dukung Program Makan Siang Gratis, Pemkab Gunungkidul Menyiapkan Sekolah-Sekolah Ini Ilustrasi menu makan siang gratis - Foto dibuat oleh AI - StockCake

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pendidikan (Disdik) Gunungkidul mengirimkan data sekolah terkait dengan rencana uji coba program makan siang gratis yang akan digulirkan Pemerintahan Prabowo–Gibran Rakabuming Raka. Hanya saja belum ada tindak lanjut atas pengiriman data tersebut.

Sekretaris Disdik Gunungkidul, Agus Subariyanta mengatakan Koramil 0730/01 Wonosari mengirim surat ke Disdik Gunungkidul ihwal uji coba makan siang gratis. Atas surat tersebut, Disdik telah mengirim balasan.

Advertisement

Beberapa sekolah dasar (SD) yang Disdik masukkan dalam sasaran uji coba makan siang gratis, di antaranya adalah SD Negeri I, II, III, IV, V, VI Wonosari. Lalu, ada SD SD Muhammadiyah Al-Mujahidin dan SD Islam Al Azhar 59. “Totalnya sekitar 20 sekolah dasar lah, sudah termasuk sekolah swasta,” kata Agus, Jumat (18/10/2024).

Agus mengaku siap mendukung program makan siang gratis ini. Apapun program yang menjadi bagian dari visi-misi Presiden dan Wakil Presiden perlu didukung. Menurut dia, apabila program makan siang gratis ini tepat sasaran, maka pemenuhan gizi anak dalam tercukupi.

Dia mengatakan program makan siang gratis ini akan diikuti dengan petunjuk teknis, seperti penganggaran, pelaksanaan, monitoring. “Kalau secara pentingnya, bagi anak didik kami, makan siang gratis ini penting. Paling tidak dalam satu hari, mereka tidak boleh asal makan,” katanya.

BACA JUGA: 10 Hari Uji Coba Makan Siang Gratis di Bantul, Siswa SD Harus Dibiasakan Minum Susu

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Gunungkidul, Wibawanti Wulandari mengaku belum mengetahui peran dalam program makan siang gratis. Hanya, DPKH terus melakukan persiapan dengan memastikan kesehatan hewan di Gunungkidul.

Program makan siang gratis, kata dia, akan menyedot banyak kebutuhan. Hal ini dapat menjadi peluang bagi pelaku usaha, utamanya peternak. “Setiap hari butuh bahan soalnya. Sekarang lauknya daging, besik ikan, lusa telur dan akan terus menerus tiap hari. Kebutuhan akan banyak,” kata Wibawanti.

Wibawanti menambahkan DPKH juga terus mewacanakan program makan siang gratis tersebut ke pelaku usaha peternakan. Hal ini ditujukan agar mereka siap. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Siswa Diberi Pemahaman Sejarah Keistimewaan

Siswa Diberi Pemahaman Sejarah Keistimewaan

Jogjapolitan | 15 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Kabinet Prabowo Wajib Ikuti Penataran selama 3 Hari di Akmil Magelang

News
| Jum'at, 18 Oktober 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement