Advertisement

Kaliurang Berkabut, BPBD Minta Pengendara Lebih Waspada

Catur Dwi Janati
Senin, 21 Oktober 2024 - 08:07 WIB
Maya Herawati
Kaliurang Berkabut, BPBD Minta Pengendara Lebih Waspada Taman wisata Kaliurang. / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Hujan disertai angin yang terjadi pada Minggu (20/10/2024) pagi membuat pohon tumbang di Cangkringan, Sleman. Selain itu kabut tebal juga turun di kawasan Kaliurang.

Di media sosial, ramai diunggah terjadinya fenomena kabut di area Kaliurang. Dalam video jarak pandang terbatas karena adanya kabut.

Advertisement

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Bambang Kuntoro mengimbau kepada para pengendara untuk berhati-hati ketika kabut terjadi. Langkah pertama, para pengemudi diminta menyalakan lampu kendaraan saat kabut berlangsung.

"Kalau ada kabut pastinya kalau pas mengendara di jalan ya lampu dihidupkan, pastinya itu," katanya, Minggu (20/10/2024).

BACA JUGA: Bantul Kesulitan Regenerasi Nelayan, Anak Muda Ogah Melaut

Langkah yang kedua, pengendara diminta agar tidak melaju kencang saat cuaca berkabut. Bambang mengimbau pengendara untuk melaju pelan-pelan karena jarak pandang terbatas.

"Yang kedua hati-hati enggak usah cepat-cepat, karena jarak pandang kan terbatas, pastinya itu. Jadi hati-hati jarak pandang terbatas lampu hidupkan," katanya.

Lebih lanjut Bambang menjelaskan bila fenomena kabut di Kaliurang merupakan kejadian yang biasa terjadi. Fenomena tersebut bisa disikapi dengan kewaspadaan dan kehati-hatian.

"Itu hal yang biasa terjadi di daerah Kaliurang ketika cuaca seperti ini dan itu bukan bencana, itu [fenomena] alam. Disikapinya kita hati-hati saja, waspada kalau mau arah ke sana, enggak usah banter-banter," tegasnya.

Selain kabut, hujan dan angin juga menicu kejadian pohon tumbang di Karanggeneg, Umbulharjo, Cangkringan sekitar pukul 11.00 WIB. Pohon akasia berdiameter 35 senti lapuk, batangnya ambruk dan menutup akses jalan.

"Saat terjadi hujan ringan salah satu batang pohon patah menutup akses jalan dan menimpa jaringan listrik rumah tangga," ungkap Bambang.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Namun jaringan listrik rumah tangga terdampak akibat insiden ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Presiden Prabowo Subianto Lantik 48 Menteri dan 5 Pejabat Kabinet Merah Putih, Ini Daftar Lengkapnya

News
| Senin, 21 Oktober 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement