Advertisement

Tingkatkan Perekonomian Warga Pantai Pelangi Bantul, Eduwisata Konservasi Penyu Jadi Harapan

Stefani Yulindriani Ria S. R
Minggu, 27 Oktober 2024 - 12:27 WIB
Arief Junianto
Tingkatkan Perekonomian Warga Pantai Pelangi Bantul, Eduwisata Konservasi Penyu Jadi Harapan Seorang wisatawan ikut memberi makan penyu dalam acara eduwisata konservasi penyu Pantai Pelangi, Minggu (27/10/2024). - Harian Jogja/Stefani Yulindriani

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Saka Segara Yogyakarta dan 4K menggagas eduwisata konservasi penyu Pantai Pelangi, Minggu (27/10/2024). Kegiatan tersebut digagas untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Koordinator Program, Don Bosco Seccio Prariz menyampaikan konservasi penyu di Pantai Pelangi menjadi potensi di sektor wisata dan lingkungan hidup wilayah tersebut. Dia menilai keberadaan penyu disana dapat dikemas dengan konsep eduwisata, sehingga dapat memberikan dampak ekonomi pada masyarakat sekitar. Ini merupakan branding ulang Pantai Pelangi. Sebelumnya kegiatan di sini cukup sepi dan belum beragam," ujarnya.

Advertisement

Sebelumnya konservasi penyu Pantai Pelangi hanya digarap oleh masyarakat lokal disana. Padahal, menurutnya, keberadaan konservasi penyu di sana mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Karena itu, pihaknya menggagas konsep eduwisata disana. Untuk merealisasikannya, pihaknya memberikan pelatihan kepada warga setempat untuk menjadi pemandu wisata, dan mengembangkan pewarnaan kain menggunakan daun cemara udang.

Selain itu, pihaknya juga memberikan pelatihan pembuatan konten untuk mempromosikan potensi yang ada.

Kemudian, nantinya berbagai potensi yang ada di Pantai Pelangi akan dikemas dalam bentuk paket perjalanan wisata dengan konsep eduwisata. "Dari potensi tersebut kami akhirnya merangkum menjadi suatu kegiatan [paket eduwisata]," katanya.

Dari situ, menurutnya, konservasi penyu yang ada dapat berkelanjutan dan masyarakat setempat akan mendapatkan manfaat ekonomi. "Ke depan akan ada open trip yang berbayar. Kami juga akan mengevaluasi rutin agar kegiatan ini bisa berkelanjutan," katanya.

Eduwisata yang ada di sana nantinya menyasar mahasiswa pencinta alam dan murid beberapa sekolah. Melalui eduwisata tersebut, dia berharap potensi yang ada di Pantai Pelangi dapat dilestarikan.

Dalam kegiatan tersebut ada pula penanaman pandan laut, dan bersih pantai. Kegiatan tersebut dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kelestarian ekosistem di sana. "Jadi memang tujuannya untuk edukasi juga, selain berwisata," katanya.

Dia menuturkan ketika paket eduwisata telah berjalan, nantinya pendapatan yang ada akan digunakan untuk konservasi penyu dan masyarakat setempat.

Dia menuturkan sejauh ini ada berbagai lini masyarakat turut serta dalam pengembangan paket perjalanan wisata disana, antara lain dari karang taruna, dan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) setempat.

BACA JUGA: Anak Muda Peduli Kelestarian Penyu, Kenapa Tidak? Komunitas Ini Contohnya

Sementara Dukuh Grogol 9, Kamrihadi mengapresiasi kegiatan tersebut. Dia berharap kegiatan tersebut mampu mempromosikan potensi yang ada di Pantai Pelangi. "Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi edukasi yang diberikan kepada masyarakat luas mengenai keberadaan Pantai Pelangi sebagai tempat konservasi penyu," katanya. 

Dia pun berharap potensi wisata yang ada di Pantai Pelangi dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke sana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Minta Seluruh Anggota Kabinet Merah Putih Dukung Kementan untuk Kejar Swasembada Pangan

News
| Minggu, 27 Oktober 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Makanan Ramah Vegan

Wisata
| Minggu, 27 Oktober 2024, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement