Advertisement

Pemkab Bantul Dapat Alokasi Tambahan LPJU di Makam Raja Imogiri Tahun Depan

Stefani Yulindriani Ria S. R
Senin, 28 Oktober 2024 - 16:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Pemkab Bantul Dapat Alokasi Tambahan LPJU di Makam Raja Imogiri Tahun Depan Ilustrasi lampu penerangan jalan umum (IST - Freepik)\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Makam Raja-raja di Imogiri merupakan bagian dari satuan ruang strategis yang ada di Bantul. Pada tahun depan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul akan mendapat alokasi anggaran untuk tambahan lampu jalan umum (LPJU) di lokasi tersebut.

Kepala Bidang Perlengkapan Jalan Dinas Perhubungan Bantul, Agus Sutomo menyampaikan, tahun depan Pemkab Bantul akan mendapat alokasi anggaran untuk pengadaan LPJU mencapai Rp750 juta dari Dana Keistimewaan (Danais). 

Advertisement

BACA JUGA: Dishub Bantul Mengajukan Tambahan Armada Mobil Skylift untuk Pengganti LPJU di APBD 2025 Senilai Rp1,3 Miliar

"Ada aturan terkait sumbu filosofi satuan ruang strategis [SRS], sehingga kami mendapatkan beberapa titik [LPJU]," katanya, Senin (28/10/2024).

Dia menuturkan, nantinya alokasi anggaran tersebut akan digunakan untuk pengadaan LPJU di wilayah Makam Raja-raja Imogiri, Kalurahan Wukirsari, dan SMAN 1 Imogiri.

Meski begitu, Agus menyebut masih ada wilayah lain yang termasuk SRS Pemda DIY yang membutuhkan tambahan LPJU. Namun, menurut Agus, pihaknya belum dapat memastikan alokasi anggaran yang akan didapat untuk pengadaan LPJU di sana.

"Rencana seperti itu [tambahan LPJU di Panggung Krapyak] hingga Parangkusumo. Itu kami prioritaskan dengan melihat anggaran Pemkab Bantul," ujarnya. 

Menurut Agus, LPJU yang akan terpasang di kawasan SRS merupakan LPJU dengan ornamen khas Jogja. Untuk satu titik LPJU LED dengan daya 120 watt diperkirakan memerlukan anggaran sekitar Rp28 juta. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan LPJU di SRS masih memerlukan anggaran hingga ratusan juta.

Dia mengatakan, kebutuhan LPJU di wilayah Bantul masih mencapai ribuan hingga tahun ini. Dirinya berharap berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) dapat menambah LPJU sesuai dengan kewenangannya. 

Agus juga berharap tambahan LPJU mampu menekan angka kecelakaan di Bantul.  "Angka kecelakaan di Bantul berkaitan dengan perlengkapan jalan yang kurang. Jalan yang rawan [kecelakaan] menjadi prioritas untuk penerangan jalan," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Waspadai Dampak Suhu Panas Maksimal Harian, BMKG: Bisa Mencapai 37-38,4 Derajat Celsius

News
| Senin, 28 Oktober 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Makanan Ramah Vegan

Wisata
| Minggu, 27 Oktober 2024, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement