Advertisement

6 Pasar Tradisional di Bantul Bakal Direvitalisasi

David Kurniawan
Jum'at, 06 April 2018 - 19:10 WIB
Laila Rochmatin
6 Pasar Tradisional di Bantul Bakal Direvitalisasi Ilustrasi pasar tradisional - Bisnis/Felix Jody Kinarwan

Advertisement


Harianjogja,com, BANTUL--Dinas Perdagangan Bantul berencana merevitalisasi enam pasar tradisional. Total biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan tersebut mencapai Rp6,6 miliar.

Kepala Dinas Perdagangan Bantul Subiyanta Hadi mengatakan rencana revitalisasi pasar tradisional sudah dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2018. Enam pasar yang akan dibangun meliputi Pasar Gumulan, Caturharjo, Kecamatan Pandak; Pasar Jodog, Gilangharjo, Kecamatan Pandak; Pasar Gatak, Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro; Pasar Turi, Sidomulyo, Kecamatan Bambanglipuro; Pasar Bendosari, Patalan, Kaecamatan Jetis dan Pasar Bantul.

Subiyanta menjelaskan untuk pembangunan pasar ini Pemkab mengalokasikan anggaran Rp6,6 miliar. Adapun rinciannya, Rp4,6 bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk membangun lima pasar dan sisanya Rp2,2 miliar yang digunakan membangun Pasar Bantul bersumber dari APBD Kabupaten.

“Sudah kami siapkan dan saat ini sudah memasuki tahap perencanaan,” kata Subiyata, Jumat (6/4).

Menurut dia, program revitalisasi pasar merupakan kegiatan rutin pemerintah. Upaya perbaikan bertujuan untuk memperbaiki kondisi bangunan sehingga kondisi pasar nyaman dan bersih. “Diharapkan pula dengan perbaikan ini dapat menggeliatkan roda perekonomian di pasar sehingga dapat bersaing dengan keberadaan pasar-pasar modern,” ujarnya.

Untuk penyelesaian, Subiyanta menargetkan seluruh pembangunan dapat diselesaikan sebelum akhir tahun. “Masih dalam perencanaan dan mudah-mudahan semua dapat berjalan dengan lancar sehingga pengerjaan dapat selesai tepat waktu,” katanya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement