Advertisement

Pemkab Bangun Mal Pelayanan Publik

Uli Febriarni
Selasa, 10 April 2018 - 14:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Pemkab Bangun Mal Pelayanan Publik Sejumlah warga mengurus pelayanan publik di Kantor DPMPT Kulonprogo, kompleks Pemkab Kulonprogo beberapa waktu lalu. Harian Jogja/Uli Febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pemkab Kulonprogo segera membangun Mal Pelayanan Publik (MPP) yang bakal melayani lebih dari 20 jenis pelayanan publik bagi masyarakat. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Kulonprogo, Agung Kurniawan, menuturkan di MPP masyarakat bisa mendapatkan pelayanan mulai imigrasi, paspor, daftar haji dan umrah, KTP, Izin Mendirikan Bangunan (IMB), pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB), Kartu Keluarga, hingga Surat Izin Mengemudi dan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Dalam melayani masyarakat dengan konsep per konter atau booth, MPP akan dikawal oleh satuan tugas. MPP menyediakan beberapa menu layanan yang selama ini dilayani instansi vertikal maupun intansi di tingkat kabupaten sesuai kewenangan. Wakil Bupati akan menjadi ketua tim teknis MPP.

"Pelayanan tidak akan tumpang tindih dengan fungsi masing-masing instansi yang sudah ada sebelumnya. Sifatnya melengkapi pelayanan. Nanti di setiap konter dijaga oleh petugas yang berasal dari masing-masing instansi pelayanan publik," kata dia, Selasa (10/4/2018). Kehadiran MPP diharapkan bisa memudahkan masyarakat dalam mengurus perizinan.

Pembangunan gedung sudah mulai dilelang pada Maret 2018, dan pembangunan fisik diagendakan dimulai April 2018. Harapannya, MPP bisa diresmikan dan melayani masyarakat pada akhir 2018. "Sehingga saat New Yogyakarta International Airport [NYIA] beroperasi, masyarakat dan investor bisa dengan mudah mengurus perizinan," kata dia.

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo, mengatakan Pemkab berusaha mewujudkan Kulonprogo yang bebas korupsi, kolusi dan nepotisme. Di Indonesia, daerah yang mempunyai MPP antara lain Surabaya, Banyuwangi, dan DKI Jakarta. Menurut Hasto, MPP dibangun untuk menyambut investasi yang masuk ke Kulonprogo seiring pembangunan dan beroperasinya NYIA pada 2019.


Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PPP Disebut Pengamat Segera Gabung Prabowo

News
| Selasa, 16 April 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement