Advertisement

Kontribusi Bank Sampah Dinilai Masih Minim untuk Turunkan Volume Sampah

Salsabila Annisa Azmi
Senin, 23 April 2018 - 14:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Kontribusi Bank Sampah Dinilai Masih Minim untuk Turunkan Volume Sampah Foto ilustrasi. - Solopos/Nicolous Irawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Volume sampah Jogja per tahunnya mencapai sekitar 300 ton. Meskipun pertumbuhan volume tiap tahun dinilai masih wajar, Dinas Lingkungan Hidup Kota Jogja terus mengupayakan peningkatan pengurangan sampah melalui Bank Sampah yang saat ini kontribusinya baru 2%.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Jogja Suyana mengatakan, masalah tahunan adalah bagaimana mengatasi volume sampah di Pasar dan pusat-pusat perbelanjaan di mana volumenya paling banyak. "Apalagi kalau ada intensitas kegiatan yang tinggi seperti event, semakin banyak kan sampahnya," kata Suyana, Senin (23/4/2018).

Advertisement

Kasi Pengurangan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kota Jogja Roso Setyo Iman Santoso mengatakan, bank sampah adalah salah satu upaya yang digenjot DLH untuk meminimalkan volume sampah. Namun, dari 614 rukun warga (RW) di Jogja, baru 433 RW yang memiliki bank sampah.

"Dari 433 itu hanya 10 persen yang aktif. Maksudnya aktif adalah rutin menabung sampah nonorganik setiap harinya dan mendaur ulang sampah itu menjadi benda layak guna," kata Roso kepada Harianjogja.com.

Roso mengatakan, kegiatan bank sampah yang ideal mestinya mendaur ulang sampah nonorganik menjadi benda layak pakai. Namun, kesulitan DLH Kota Jogja selama ini ketika harus melakukan pendampingan bank sampah di suatu desa yang mayoritas penduduknya menengah dan menengah ke atas.

Roso mengatakan, saat ini kontribusi bank sampah untuk mengurangi volume sampah baru 2%. Upaya pengoptimalan kontribusi terus digenjot DLH Kota Jogja dengan pendampingan melalui fasilitator kelurahan.

"Memang tidak bisa semudah itu, apalagi kaum menengah atas. Memang butuh waktu," kata Roso.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement