Advertisement

Pijar dari Puncak Merapi Memicu Kepanikan, Warga Glagaharjo Mengungsi

Fahmi Ahmad Burhan
Kamis, 24 Mei 2018 - 12:04 WIB
Nina Atmasari
Pijar dari Puncak Merapi Memicu Kepanikan, Warga Glagaharjo Mengungsi Lansia yang mengungsi di Balai Desa Glagaharjo sedang mengunyah kinang pada (24/5/2018). - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Pascaletusan yang terjadi di Gunung Merapi pada Kamis (24/5/2018) dini hari pukul 02.56 WIB, ratusan warga Desa Glagaharjo mengungsi ke Balai Desa. Sebagian warga pulang lagi setelah dipastikan kondisi normal kembali, dan menyisakan 157 pengungsi.

Carik Desa Glagaharjo Agralno mengatakan terjadi kepanikan pasca terjadi letusan dini hari pukul 02.56 WIB (24/5/2018) dan seketika warga turun untuk mengungsi. Ada sekitar 298 pengungsi yang terbagi di tiga dusun, yaitu Dusun Kalitengah Lor, Dusun Kalitengah Kidul, dan Dusun Srunen.

Advertisement

"Sekarang yang masih bertahan ada 152 orang, yang terdiri dari usia rentan, balita dan lansia," ujar Agralno pada (24/5/2018).

Agralno mengatakan logistik dari mulai pengungsian pertama pada Senin (21/5/2018) sudah disiapkan. "Mulai dari makanan-makanan instan, sampai sayur-sayuran sudah dipersiapkan, selain itu juga ada gedung yang bisa menampung ratusan orang," katanya.

Sekretaris Karang Taruna Desa Glagaharjo yang menjadi Staf Umum Pengungsian Penilestari mengatakan, tidak hanya makanan-makanan pokok juga sayur saja yang disediakan oleh Pemerintah Desa Glagaharjo, tapi juga kebutuhan lain untuk lansia, yaitu berupa kinang yang terdiri dari sirih dan tembakau.

"Daripada jenuh, mereka juga mengeluh mulutnya asam, sehingga minta kinang," kata Penilestari pada (24/5/2018). Menurutnya, lansia di tiga dusun yang mengungsi sudah terbiasa sehari-hari mengunyah kinang, sedangkan ketika mengungsi kebutuhan tersebut perlu disediakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement