Advertisement

Lebaran, Jalan Daendels Boleh Dibuka Sementara

Uli Febriarni
Sabtu, 26 Mei 2018 - 19:17 WIB
Nina Atmasari
Lebaran, Jalan Daendels Boleh Dibuka Sementara Suasana di Jalan Daendels yang berada dalam IPL NYIA, sejumlah portal dipasang untuk buka-tutup jalan. - Harian Jogja/Uli Febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO -Pihak pemrakarsa proyek New Yogyakarta International Airport (NYIA) Angkasa Pura I (AP I), merestui wacana dibukanya portal Jalan Daendels yang saat ini ditutup, untuk mendukung kelancaran arus lalu-lintas selama Idulfitri 2018.

Pimpinan Proyek NYIA AP I, Sujiastono mengatakan, jajarannya mencoba memahami latar belakang wacana dibukanya portal yang akan dilakukan secara situasional. Terlebih, apabila wacana tersebut merupakan hasil keputusan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda).

Advertisement

Meskipun, saat ini diketahui, sejumlah portal telah menutup beberapa titik arus lalu-lintas di ruas Jalan Daendels, di area Izin Penetapan Lokasi pembangunan NYIA.

"Kalau yang menjadi pertimbangan kepentingan yang lebih besar, untuk kelancaran angkutan lebaran," kata dia, Jumat (25/5/2018).

Kepala Kepolisian Resor Kulonprogo, Ajun Komisaris Besar Polisi Anggara Nasution membenarkan adanya rencana portal Jalan Daendels dibuka untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik Idulfitri 2018, seperti dikemukakan Kepala Polda DIY beberapa waktu lalu.

Kendati demikian, Polres berharap portal tersebut tidak perlu dibuka, karena Polres bersama instansi terkait akan melaksanakan pengaturan dan rekayasa lalu-lintas. Diharapkan langkah itu bisa efektif mengurai arus mudik dan balik kendaraan, baik yang berasal dari Jogja menuju Purworejo dan sebaliknya. Selain itu, penerangan jalan umum di Jalan Daendels telah diputus.

Keputusan dibukanya Jalan Daendels hanya akan berlaku insidentil, terutama setelah mengamati arus puncak pada sekitar H-3 Idulfitri.

"Ada personel berjaga 24 jam di sana, mereka akan mengkaji dan menilai arus lalu-lintas. Sehingga pembukaan jalan tersebut akan menyesuaikan arus di lapangan," lanjutnya.

Ia menjelaskan, salah satu bentuk rekayasa lalu-lintas yang dilakukan ialah mengalihkan arus ke arah utara. Sehingga kendaraan yang datang ke Kulonprogo masuk ke jalur utama.

Selain itu, nantinya pada masa Operasi Ketupat 2018, Polres akan melaksanakan pengamanan terpadu, mendirikan pos di wilayah yang berbatasan dekat dengan Purworejo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement