Minat Masyarakat Sleman terhadap Premium Dipantau Menteri ESDM

Menteri ESDM Ignasius Jonan sedang melakukan survei untuk melihat minat masyarakat terhadap premium di SPBU Jalan Kaliurang Kilometer 11,5, Kamis (7/6/2018). - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan
08 Juni 2018 12:17 WIB Fahmi Ahmad Burhan Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN-Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Igansius Jonan melakukan survei minat masyarakat di salah satu SPBU Jalan Kaliurang Kilometer 11,5. Dalam survei tersebut Ignasius Jonan sempat menggratiskan empat warga yang mengisi BBM.

Menteri ESDM Ignatius Jonan mengatakan, dalam surveinya tersebut ia ingin melihat minat masyarakat akan opsi BBM. "Ternyata secara sekilas, masyarakat banyak yang memilih pertalite," katanya pada wartawan, Kamis (7/6/2018).

Ia mengatakan, ingin mengetahui secara langsung alasasan masyarakat dalam memilih jenis BBM. Ia juga akan mempertimbangkan lagi ketersediaan premium di pasaran. "Susah memang buat menghilangkan premium, meskipun masyarakat sudah banyak yang menggunakan pertalite, tapi ketika premium dihapuskan, nanti akan protes," ujarnya.

Pemerintah dalam waktu dekat akan menambah 571 SPBU penyedia Premium dari total target 2.090 di wilayah Jawa, Madura dan Bali.

Dalam surveinya itu ia menanyai beberapa warga yang mengisi BBM di SPBU tersebut. Ada empat warga yang digratiskan setelah mereka mengisi BBM. Salah satu warga yang digratiskan bensin oleh Jonan adalah Reza Doni, ia mengatakan alasan memilih pertalite karena lebih enteng di tarikannya.

"Lebih enak di mesin juga," katanya saat menjawab pertanyaan Jonan, Kamis.

Reza juga mengatakan, karena ia adalah mahasiswa ia lebih merasa cocok menggunakan pertalite. "Kualitasnya lebih baik dari premium, pengennya sih pertamax, tapi yang cocok di kantong mahasiswa ya pertalite," katanya.

Warga lainnya yang memilih premium adalah Afi Yuwana. Ia mengatakan, alasan ia memilih premium karena lebih murah. "Tidak tentu premium juga, kadang pakai pertalite," katanya saat ditanya Menteri ESDM.