Sopir Mengantuk, Avanza Rombongan Pemudik Hajar Pohon

Kondisi mobil yang menabrak pohon dalam kecelakaan tunggal di Jalan Wates-Purworejo, Minggu (10/6 - 2018). Harian Jogja/Uli Febriarni
10 Juni 2018 13:15 WIB Uli Febriarni Kulonprogo Share :
Adplus Tokopedia

Harianjogja.com, KULONPROGO—Rombongan pemudik asal Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, yang menumpang sebuah mobil Toyota Avanza mengalami kecelakaan di Jalan Wates-Purworejo, Minggu (10/6/2018). Akibat kecelakaan yang terjadi tak jauh dari SPBU Wates itu, mobil bernomor polisi BP 1797 TW rusak di bagian depan. Dua orang penumpang masing-masing Mustaqim dan istrinya, Trismaryatun, mengalami luka ringan. Keduanya langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis.

Salah satu pemudik, Arman, menyatakan awalnya rombongan berangkat menggunakan tujuh unit mobil. Mereka berangkat dari Tanjung Pinang menuju sejumlah kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Namun sampai di Brebes, Jawa Tengah, ketujuh mobil berpisah sesuai tujuan masing-masing.

Pengemudi mobil, Mustaqim, mengatakan perjalanan dari Tanjung Pinang ditempuh dalam waktu tiga hari. Sebelum melanjutkan perjalanan sampai ke tempat kejadian, dirinya sempat beristirahat, tidur selama satu jam di wilayah Glagah. Selanjutnya ia meneruskan perjalanan. "Mobil melaju dengan kecepatan sedang, lalu oleng, naik trotoar dan menabrak pohon di tepi jalan," kata Mustaqim di lokasi kejadian.

Anggota Unit Laka Lantas Polres Kulonprogo, Aipda Teguh Triyanto, mengungkapkan kecelakaan tersebut terjadi diduga akibat pengemudi mengantuk setelah menempuh perjalanan jauh. Ia menambahkan, jalur mudik sepanjang Kulonprogo merupakan kawasan rawan kecelakaan lalu lintas, karena merupakan titik lelah pemudik yang melakukan perjalanan jarak jauh, baik dari arah barat maupun dari arah timur Pulau Jawa. "Kami imbau kepada pemudik untuk memanfaatkan rest area yang telah disediakan petugas untuk beristirahat. Selalu berhati-hati dan mengontrol kecepatan laju kendaraan," katanya.

Adplus Tokopedia