Diprediksi Meningkat, Arus Mudik di Bantul Sehari Jelang Lebaran Tetap Lancar

Suasana Pos ketandan, Bantul arus ramai lancar, Kamis (14/6/2018). - Herlambang Jati Kusumo
14 Juni 2018 17:01 WIB Herlambang Jati Kusumo Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Arus lalu lintas di wilayah Bantul selama mudik lebaran ini dinilai masih lancar. Meski begitu personil Dinas Perhubungan (Dishub), Bantul bersiaga untuk mengantisipasi kemacetan.

Kepala Dishub Bantul, Aris Suharyanta mengatakan semakin mendekati hari H lebaran, jumlah kendaraan terus meningkat, namun untuk arus lalu lintas cenderung lancar.

"Menurut laporan dari pos yang ada, kendaraan semakin meningkat menjelang Idul Fitri. Terlebih nanti ada takbir keliling kami antispasi juga untuk kemacetan nanti jika ada yang melakukan takbir keliling," kata Aris,Kamis (14/6/2018).

Aris mengatakan untuk takbir keliling sendiri sebenarnya sudah ada imbauan untuk tidak di jalan utama. Namun menurutnya juga jika memang ada yang memohon untuk melakukan takbir keliling, akan dibantu untuk kelancaran arusnya.

"Ada dua kecamatan yang meminta permohonan untuk membantu kelancaran yaitu Pandak dan Jetis, ya kami bantu nanti," ujarnya.

Kenaikan arus dibanding hari biasa selama arus mudik ini sendiri meningkat sekitar 30-40% dibanding hari biasa. Dishub Bantul menyiapkan 12 pos dan 112 personil untuk mengantisipasi kemacetan dan hal yang tidak diinginkan.