Advertisement

350 Orang Dikerahkan Atasi Sampah Jogja

Jumali
Jum'at, 22 Juni 2018 - 14:20 WIB
Arief Junianto
350 Orang Dikerahkan Atasi Sampah Jogja Ilustrasi sampah. - Harian Jogja/Uli Febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 350 orang plus 20 orang pengawas dikerahkan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jogja untuk membersihkan sampah selama sepekan ke depan. Diperkirakan selama libur Lebaran, volume sampah di Jogja meningkat hingga 10%.

Kepala DLH Kota Jogja Suyana mengatakan penambahan personel itu dinilai cukup efektif untuk mempercepat pembersihan dan pengangkutan sampah di seluruh wilayah Kota Jogja.

Advertisement

“Khusus permukiman kami mulai efektifkan mereka 5 hari ke depan. Sebab, saat ini, masih banyak warga yang belum pulang,” kata Suyana kepada Harianjogja.com, Jumat (22/6/2018).

Kendati begitu, kata Suyana, saat ini petugasnya sudah mulai memaksimalkan keberadaan sejumlah penyapu jalan atau pasukan kuning. Mereka bekerja lembur selama dua jam per hari untuk menyapu di daerah-daerah tempat tujuan wisata di luar Malioboro. “Mereka juga kami terjunkan di sejumalah pusat perbelanjaan dan kuliner. Sebab, kalau untuk kawasan Malioboro sudah menjadi tugas dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro,” kata dia.

Tak hanya itu, DLH juga memaksimalkan keberadaan mobil penyapu sampah untuk membantu pembersihan. Mobil tersebut rencananya akan dioperasionalkan untuk menyapu sampah di jalan-jalan protokol. “Nantinya sampah akan langsung diambil oleh pasukan kuning. Kami maksimalkan petugas pengawas untuk mengawasi mereka,” katanya.

Kepala Seksi (Kasi) Penanganan Sampah DLH Kota Jogja, Ahmad Haryoko memprediksi peningkatan volume sampah musim lebaran tahun ini lebih banyak didominasi oleh sampah organik. Berkaca pada pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya, sampah organik dan sisa makanan memang paling mendominasi jenis sampah pascaliburan.

“Karena melimpahnya makanan, sehingga memicu bertambahnya sampah sisa makanan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement