Advertisement

Tiga Desa di Bantul Bentuk Forum Pelopor Demokrasi

David Kurniawan
Minggu, 24 Juni 2018 - 12:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Tiga Desa di Bantul Bentuk Forum Pelopor Demokrasi Ilustrasi Pemilu 2019 - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-KPU Bantul menggelar kelas demokrasi di tiga desa. Kegiatan ini dilaksankaan untuk mewujudkan pemilu yang cerdas, partisipatif, dan bermartabat.

Tiga desa yang menggelar kelas demokrasi di antaranya Desa Dlingo, Sumbermulyo, dan Guwosari. Ketiga desa pelopor demokrasi pun siap mewujudkan pemilu yang cerdas dan bermartabat.

Advertisement

Anggota KPU Bantul Titik Istiyawatun Khasanah mengatakan, kelas demokrasi di tiga desa sudah dilaksanakan dan ditutup pada Jumat (22/6/2018). Di dalam kelas ini dibentuk kelompok untuk melakukan kajian dan analisa proses demokrasi dan kepemiluan di masing-masing desa. “Para peserta sangat antusias dalam kegiatan kelas demokrasi,” kata Titik kepada wartawan, Jumat kemarin.

Menurut dia, antusiasme ini terlihat dalam diskusi untuk menggali permasalahan dan mencari solusinya. Di dalam forum itu juga banyak masukan berkaitan dengan proses demokrasi di desa, salah satunya menyangkut partisipasi pemilih dalam pemilu. “Sangat bagus karena kegiatan ini juga sebagai upaya membangun kesadaran tentang pemilu,” ungkapnya.

Titik pun berharap, hasil dari kegiatan kelas demokrasi, para peserta dapat menularkan apa yang diperoleh selama kegiatan berlangsung ke masyarakat sehingga kesadaran tentang pentingnya pemilu semakin meningkat. “Kelas demokrasi yang digelar hanya salah satu bagian sosialisasi dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih. Di Pemilu 2019, kami menargetkan partisipasi pemilih sebanyak 82%,” ujarnya.

Anggota KPU Bantul Didik Joko Nugroho menambahkan, tindak lanjut dari penyelenggaraan kelas demokrasi para peserta akan dijadikan kader demokrasi dan kepemiluan. Ketiga desa pun bersepakat untuk membentuk forum pelopor demokrasi. “Mudah-mudahan pembentukan forum ini dapat membantu KPU dalam upaya mensosialisasikan gelaran Pemilu 2019,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement