Advertisement

Ribuan Warga Gunungkidul Urus SKTM

Herlambang Jati Kusumo
Sabtu, 30 Juni 2018 - 08:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Ribuan Warga Gunungkidul Urus SKTM Sejumlah warga mengantre untuk mengurus SKTM di Dinas Sosial Gunungkidul, Jumat (29/6/2018). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Ribuan warga Gunungkidul mendatangi Dinas Sosial (Dinsos) Gunungkidul untuk mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Dengan surat ini diharapkan dapat mendukung siswa mendapatkan sekolah yang diinginkan.

Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial, Dinsos Gunungkidul Subarno mengatakan, sejak Senin (25/6/2018) dibuka pendaftaran pengurusan SKTM, setidaknya 500 orang setiap harinya datang ke Dinsos dan pada pendaftaran hari terakhir Jumat (29/6/2018) semakin meningkat.

Advertisement

Dia mengatakan, untuk melayani masyarakat tersebut pihaknya juga melakukan penambahan petugas di pelayanan yang biasanya empat orang menjadi 12 orang. Hal itu dilakukan untuk mempercepat proses pelayanan ke masyarakat.

“Untuk syarat memperolehnya perlu Kartu Keluarga [KK], akta kelahiran, Kartu Keluarga Sejahtera, Kartu Indonesia Pintar, Kartu Tanda Penduduk [KTP] orang tua, surat kelulusan.” ujarnya, Jumat.

Ia mengatakan, tidak semua warga dapat memperoleh SKTM itu. Jika data warga tersebut tidak tercatat dalam warga miskin pada Basis Data Terpadu (BDT), maka tidak dapat memperoleh SKTM.

Dengan SKTM itu siswa dapat memanfaatkan kuota 20% yang diberikan sekolah bagi siswa yang kurang mampu.

Salah satu orang tua siswa, Paimin yang menguruskan SKTM untuk anaknya mengaku memang membutuhkannya. “Ya memang butuh untuk mendaftar anak di SMK ini,” ujarnya.

Menurutnya untuk mengurus SKTM tersebut tidak begitu sulit, hanya saja memang antrean cukup panjang untuk mengurus SKTM tersebut. “Informasi cukup jelas, tetapi ya harus sabar mengantre. Terlebih hari terakhir ini, semakin banyak sepertinya dibanding kemarin,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 7 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kementerian PUPR Akan Buka 6.300 Formasi CPNS dan 19.900 PPPK, Ini Rinciannya

News
| Sabtu, 20 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement