Advertisement

Akhirnya Warga Lereng Menoreh Ini Terima Bantuan Air setelah 2 Bulan Kekeringan

Beny Prasetya
Sabtu, 07 Juli 2018 - 15:37 WIB
Nina Atmasari
Akhirnya Warga Lereng Menoreh Ini Terima Bantuan Air setelah 2 Bulan Kekeringan Aminah warga Banjarharjo menerima air dari Tagana Kulonprogo, Sabtu (7/7/2018)- - Harian Jogja/Beny Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO -- Warga Dusun Sanggrahan, Banjarharjo, Kalibawang akhirnya mendapatkan air, Sabtu (7/7/2018). Alokasi satu tangki air tersebut dapat digunakan selama satu minggu oleh warga.

"Saya sudah dari dua bulan lalu merasakan kekeringan, semenjak air saluran [induk Kalibawang] dimatikan milik saya kering," kata Aminah.

Advertisement

Aminah mengaku pemberian air itu dapat ia gunakan kurang lebih selama satu minggu saja. Bantuan itu juga dapat bertahan selama satu minggu karena dirinya dan keluarga hanya menggunakan air untuk masak dan minum saja.

"Paling untuk mandi anak saya, jadi bisa dua minggu kalau ngirit," katanya.

Lebih lanjut untuk keperluan mencuci baju piring dan mandi ia lakukan di Sungai Progo. Adapun yang jelas ia berterimakasih karena adanya bantuan akibat kekeringan yang telah melanda.

Senada dengan Aminah, Karmin, warga setempat juga menyatakan berterimakasih dengan adanya bantuan dari pemerintah. Seperti Aminah, bila tidak ada bantuan, pihaknya harus turun ke sungai terdekat atau mengantre di sumber air lainnya.

"Saya kira semua [warga Banjarharjo] juga merasakan kekeringan, jadi berterimakasih," katanya.

Anggota Tagana Kulonprogo, Husni menyatakan, bantuan ini masih sama dengan bantuan yang berada di desa Ngrandu, Salamrejo, Sentolo. Keduanya merupakan bantuan dari salah satu badan usaha milik negara di DIY.

"Untuk operasional juga dari Tagana sendiri, dan kas sudah menipis, sekarang lebih ringan ada bantuan dari pihak luar," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Desa Bersih Narkoba Bisa Menggunakan Dana Desa

News
| Selasa, 23 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement