Advertisement

PERINGATAN BMKG : Bakal Ada Gelombang 6 Meter di Pantai Selatan

I Ketut Sawitra Mustika
Rabu, 18 Juli 2018 - 06:50 WIB
Bhekti Suryani
PERINGATAN BMKG : Bakal Ada Gelombang 6 Meter di Pantai Selatan Ilustrasi gelombang di pantai. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY memprediksi adanya potensi gelombang tinggi di pesisir selatan pada 17-22 Juli 2018. Pada 20 Juli gelombang diperkirakan mencapai enam meter.

Kepala Kelompok Data dan Informasi BMKG DIY Djoko Budiyono mengatakan, berdasarkan perkembangan terbaru pada 17 Juli pagi, TC Son Tinh tengah berada di Laut China Selatan atau sebelah barat laut Filipina. Aktivitas TC Son Tinh, yang bergerak ke arah barat dengan kecepatan 37 km/km, memiliki kecepatan angin maksimum di sekitar pusat siklon mencapai 65 km/jam.

Advertisement

"Kondisi ini berdampak pada peningkatan kecepatan angin hingga lebih dari 35 km/jam dan peningkatan tinggi gelombang laut di pesisir selatan DIY," kata Djoko melalui pesan pendek, Selasa (17/7/2018).

BMKG DIY memperkirakan tinggi gelombang pada 17 Juli mencapai dua hingga 3,5 meter. Gelombang dengan ketinggian yang sama diprediksi juga akan terjadi pada 18 Juli. Pada 19 Juli, tinggi gelombang diperkiran akan mencapai empat meter. Puncaknya pada 20 Juli, tinggi gelombang diprediksi mencapai enam meter. Dua hari setelah itu gelombang diperkirakan setinggi masing-mssing 3,5 dan tiga meter.

Dengan adanya potensi cuaca ekstrem tersebut, BMKG DIY mengimbau masyarakat agar mewaspadi peningkatan kecepatan angin dan ketinggian gelombang laut, terutama bagi warga yang beraktivitas sekitar pantai, nelayan dan wisatawan di pantai selatan.

"Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kepada nelayan untuk sementara waktu diimbau agar tidak melaut dan kepada wisatawan diharapkan untuk tidak mandi di laut hingga tinggi gelombang laut kembali kondusif [normal]," jelas Djoko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement