Advertisement

15 Tiang Listrik di Jalan Suroto Segera Dipindah

Abdul Hamied Razak
Minggu, 05 Agustus 2018 - 06:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
15 Tiang Listrik di Jalan Suroto Segera Dipindah Kondisi Jl Suroto, Kotabaru, Jogja, Sabtu (4/8/2018). - Harian Jogja/Abdu Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Proyek revitalisasi jalur pedestrian di Jalan Suroto Kotabaru terus dikebut. Dalam waktu dekat pelaksana proyek akan memindah 15 tiang listrik di sepanjang jalan tersebut.

Pejabat Pembuat Komitmen Revitalisasi Trotoar Kotabaru Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Jogja Umi Akhsanti memperkirakan proses pemindahan 15 tiang listrik tersebut menghabiskan waktu selama satu bulan. "Dari proses awal hingga selesai memakan waktu satu bulan. Itu untuk 15 tiang listrik baik sisi timur maupun barat jalan Suroto," katanya, Sabtu (4/8/2018).

Advertisement

Dia menjelaskan, proses pemindahan tiang listrik akan dilakukan mulai pekan depan. Sebelum dipindah, pihak PLN akan memasang lebih dulu tiang pengganti. Jika tiang-tiang baru berdiri pihak PLN kemudian akan memindahkan jaringan lama ke tiang baru.

"Kalau semua fiks baru tiang lama dibongkar," katanya.

Agar proses revitalisasi trotoar berlangsung lancar, pihaknya sudah melakukan antisipasi. Salah satunya dengan memasang box culvert untuk drainase. Selain itu titik-titik yang akan digunakan yang akan digunakan untuk pemindahan tiang listrik milik PLN.

"Sudah kami siapkan tempatnya. Nanti tinggal dipasang saja agar pekerjaan bisa lebih cepat,” katanya.

Pekerjaan revitalisasi trotoar di sepanjang Jalan Suroto Kotabaru yang dimulai sejak akhir Juni lalu hingga kini baru mencapai sekitar 10% dari total pekerjaan. Menurut Umi perkembangan pekerjaan revitalisasi tersebut masih sesuai dengan tata kala.

"Kami optimistis jika pekerjaan bisa diselesaikan tepat waktu," katanya.

Trotoar di Jalan Suroto yang semula menggunakan paving blok akan diganti dengan bahan teraso berwarna keabu-abuan. Di trotoar itu nantinya juga dilengkapi dengan ornamen yang mendukung citra kawasan Kotabaru sebagai kawasan Indise.

Fasilitas pendukung yang akan ditempatkan di trotoar, seperti bangku taman dan tiang lampu juga didesain khusus agar sesuai dengan citra kawasan Indis termasuk penggunaan warna yang akan didominasi putih tulang. Trotoar pun akan diperlebar dari semula 1,1 meter dibuat menjadi 2,4 meter dengan mengubah drainase yang sebelumnya terbuka menjadi saluran tertutup. Ukuran drainase pun diperbesar menjadi 80x80 sentimeter. Seluruh pekerjaan revitalisasi kawasan pedestrian di Jalan Suroto ditargetkan selesai pada 23 Desember.

Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti mengatakan, penataan yang dilakukan oleh Pemkot tidak hanya dilakukan dengan merevitalisasi trotoar tetapi juga kawasan tersebut akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung. Mulai dari kursi dan lampu berornamen indies hingga fasilitas penunjang lainnya seperi wifi.

"Sebuah kota disebut maju jika kawasan pedestrian yang ada memenuhi aspek keamanan, ketertiban dan kebersihan serta kenyamanan. Khususnya bagi masyarakat dan wisatawan yang ingin menikmati ruang publik," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dugaan Pelanggaran Wewenang, Wakil Ketua KPK Laporkan Anggota Dewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement