25 Sekolah Meriahkan Lomba Marching Band, Alun-Alun Wates Dibanjiri Penonton

Penampilan salah satu peserta lomba Marching Band yang diselenggarakan (Kodim) 0731/Kulonprogo di hadapan dewan juri, Sabtu (11/8/2018) siang. - Beny Prasetya/Harian Jogja
11 Agustus 2018 16:37 WIB Beny Prasetya Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO- Sebanyak 25 sekolah di Kulonprogo mengikuti Lomba Marching Band yang diselenggarakan oleh Komando Distrik Militer (Kodim) 0731/Kulonprogo di sekitar Alun-alun Wates dan Jalan Perwakilan, Sabtu (11/08/2018).

Dimulai sejak pukul 08.00 WIB, kegiatan tersebut menyedot ribuan penonon. Penonton terbanyak di depan Rumah Dinas Bupati Kulonprogo yakni jalan Bhayangkara, ratusan warga berkumpul untuk melihat penampilan kontestan di depan dewan juri.

Adapun 25 sekolah yang hadir terdiri dari 11 perwakilan dari tingkat SD sederajat, 10 dari SMP sederajat dan hanya empat perwakilan SMA sederajat. Kendati baru 25 sekolah. Seluruh peserta lomba kali ini harus melewati rute yang dimulai dari Rumah Dinas Bupati Kulonprogo - mengelilingi Alun-alun Wates - Jalan Kawijo - Jalan Bhayangkara - dan kembali finish di rumah dinas Bupati Kulonprogo.

Menurut Komandan Kodim 0731/Kulonprogo, Letkol Infanteri Dodit Susanto mengatakan acara ini dilaksanakan menyambut HUT ke-73 Republik Indonesia. Selain itu penyelenggaraan kegiatan kali ini digunakan sebagai upaya komunikasi TNI dengan generasi muda demi menumbuhkan sikap mencintai tanah air.

"25 peserta dari seluruh tingkatan sekolah, dan merupakan upaya pendekatan kami ke generasi muda sekaligus media untuk anak muda untuk berkreasi," katanya.

Menurut Dodit, dengan antusiasme penonton yang mencapai ribuan orang, pihaknya akan kembali menggelar kegiatan tersebut di tahun berikutnya. Acara akan dibuat dengan konsep yang sama dan akan dilakukan persiapan yang lebih matang, agar sejumlah sekolah yang belum mengikuti dapat mengikuti kegiatan ini.

"Melihat ada lima ribu warga yang menyaksikan ini, kami optimis akan menyelenggarakan kegiatan seperti ini setiap tahun soalnya bagi para siswa, kegiatan ini juga hal yang positif," katanya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kulonprogo, Sumarsana menyatakan pihaknya saat ini sedang melakukan pencarian bakat baru dalam olahraga cabang Marching Band di Pekan Olahraga Daerah DIY XV-2019 mendatang.

"Selain itu dapat menyemarakan perhelatan HUT RI dengan banyaknya penonton juga, dan bakal dicari bakat untuk Pekan Olahraga yang dijadwalkan berlangsung Oktober 2019," katanya