Demi Pelayanan, Pindahan Puskesmas Temon II Dipercepat

Ilustrasi pelayanan kesehatan - JIBI
22 Agustus 2018 15:15 WIB Uli Febriarni Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Gedung baru Puskesmas Temon II di Dusun Palihan II, Desa Palihan, Kecamatan Temon diperkirakan siap ditempati lebih cepat. Kepala Tata Usaha (TU) Puskesmas Temon II, Slamet Riyadi, menuturkan sebagian barang milik puskesmas yang tersimpan di gudang Balai Desa Palihan mulai dipindahkan ke gedung baru yang bertempat di kawasan relokasi Kragon II. Proses pemindahan barang diupayakan tidak mengganggu pelayanan masyarakat. “Kami menargetkan 12 September 2018 sudah memberikan pelayanan kesehatan di gedung baru," ujarnya, Selasa (21/8/2018).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulonprogo, Bambang Haryatno, menyatakan setelah penyerahan bangunan dari rekanan selesai, diharapkan gedung baru Puskesmas Temon II bisa segera ditempati. Dinkes berharap pindahan bisa dilakukan lebih cepat dari rencana awal pada 25 Oktober 2018 agar biaya kontrak rumah [puskesmas sementara] lebih efisien dan bisa memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Koordinator Kesehatan Keliling (Kesling) Puskesmas Temon II, Agus Supriyanto, menjelaskan pembangunan gedung baru sudah selesai. Setelah memindahkan barang rampung, tahapan selanjutnya adalah pengaturan dan penataan ruangan. Nantinya tiga hari menjelang pelayanan di gedung puskesmas yang baru, dilanjutkan memindahkan peralatan kesehatan dan barang dari tempat pelayanan sementara ke gedung baru.

Kendati luasan puskesmas baru lebih besar ketimbang yang lama, gedung Puskesmas Temon II yang baru harus disempurnakan karena tempat parkir terbatas dan belum dilengkapi pagar. Selain itu diperlukan jalur yang langsung mengakses jalan raya. Saat ini jalan menuju lokasi masih harus melewati jalan bertanah dan tidak rata. Kedua rencana pembangunan lanjutan ini akan dibahas lebih lanjut.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kulonprogo, Ananta Kogam, menyebutkan proses PHO sudah dilakukan awal Agustus 2018. Status gedung sudah berada di tangan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek, belum diserahkan ke Dinas Kesehatan. Proses ini masih diikuti dengan tahapan penyerahan sebelum akhirnya siap digunakan secara resmi sebagai aset Dinkes Kulonprogo.

Pembangunan gedung baru Puskesmas Temon II terdampak New Yogyakarta International Airport (NYIA) menelan biaya Rp3,4 miliar, ditambah pembangunan IPAL sekitar Rp450 juta dan generator Rp180 juta.

Sebelumnya Puskesmas Temon II berada di Jalan Raya Wates-Purworejo Km 15, Desa Temon Kulon. Sejak November 2017 pelayanan dipindah ke rumah warga di Plempukan, Desa Sindutan, karena bangunan dan lahannya berada di kawasan IPL NYIA.