Advertisement

Warga Pantai Congot Cemas, 3 Ekor Buaya Berkeliaran di Muara Sungai Bogowonto

Uli Febriarni
Selasa, 23 Oktober 2018 - 21:05 WIB
Bhekti Suryani
Warga Pantai Congot Cemas, 3 Ekor Buaya Berkeliaran di Muara Sungai Bogowonto Seorang petugas Pos Sea Rider TNI AL Pantai Congot sedang menyiapkan dua jaring berbahan nilon, sepanjang masing-masing 60 meter x 20 meter, di muara Bogowonto, Selasa (23/10/2018). Jaring yang dilengkapi dengan pelampung besar itu rencana akan ditebar memutar jika buaya muncul kembali, petugas berharap buaya bisa ditangkap hidup-hidup dan diserahan ke BKSDA DIY untuk diobservasi ke tempat lain supaya tidak membahayakan warga. - Harian Jogja/Uli Febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO- Warga dan nelayan Pantai Congot, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon cemas dengan adanya kabar kemunculan tiga ekor buaya di muara Sungai Bogowonto. Hal itu menyebabkan tak nampak aktivitas nelayan di muara Bogowonto, Selasa (23/10/2018).

Petugas Pos Sea Rider TNI AL Pantai Congot, Rocky Manto mengungkapkan, dari dugaan sementara, buaya muara itu merupakan buaya yang muncul, dicari dan menghilang tepat di pintu muara sungai Bogowonto tiga tahun silam.

Advertisement

Pada Sabtu (20/10/2018) buaya-buaya tersebut sempat dilihat banyak orang, jumlahnya ada tiga ekor. Satu di antaranya berukuran besar, panjangnya sekitar 5 meter, sedangkan dua lainnya lebih kecil sekitar 2 meter sampai 2,5 meter.

Ia memperkirakan, dua ekor buaya yang lebih kecil ukurannya, adalah anak dari buaya yang berukuran lebih besar.

Rocky menambahkan, kemunculan buaya di sekitar muara Bogowonto sebetulnya sudah sejak tiga bulan terakhir. Penyisiran terus dilakukan, khususnya saat jam-jam buaya biasa berjemur, untuk mendapatkan bukti otentik kemunculan buaya yang sempat terekam oleh warga.

"Buaya itu muncul di tengah sana, kemarin. Banyak warga yang melihat dari sisi selatan sana, tapi tidak berani mengambil dokumentasi dari dekat karena takut, hanya difoto dari jauh," ujarnya.

Menurut dia, akibat adanya kabar kemunculan buaya muara itu, jika biasanya nelayan sering berburu ikan di muara siang dan malam, sejak kemunculan buaya itu, aktivitas-aktivitas tadi terhenti. Mereka takut dan mengikuti imbauan untuk sementara mengurangi aktivitas mencari ikan di muara Bogowonto, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jogjapolitan | 6 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement