Kena Tilang Polisi, Warga Kulonprogo Ini Malah Berjoget

Sejumlah pengendara yang sedang diperiksa kelengkapan berkendara, oleh aparat di Taman Kota Wates, Jumat (2/11/2018) petang. - Harian Jogja/Uli Febriarni
03 November 2018 23:50 WIB Uli Febriarni Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO- Pelaksanaan Operasi Zebra Progo 2018 pada Sabtu (3/11/2018) malam, terlihat berbeda. Sejumlah anak muda berjoget bersama sembari mendengarkan musik yang diputar oleh jajaran Satlantas Polres Kulonprogo, di ruas Jalan Perwakilan, Kota Wates.

Seorang warga, Raden Ilham Setya Pamukti mengungkapkan sembari menunggu pelaksanaan tilang yang dilaksanakan oleh aparat, ia tak sengaja mendengarkan musik yang menurutnya enak didengar. Selain membuatnya ingin bergoyang, lirik lagu yang diputar tersebut berisikan imbauan berlalu lintas.

"Setelah mendengarnya, ke depannya saya ingin memperbaiki diri, karena isinya mengajak kami untuk menghindari kecelakaan saat berkendara di jalan raya," ungkap warga Dusun Panjatan, Desa Panjatan, Kecamatan Panjatan berusia 18 tahun itu, Sabtu malam.

Kasatlantas Polres Kulonprogo, AKP Maryanto mengatakan, selain melakukan penegakan pelanggaran lalu lintas, aparat memutarkan video dan musik yang isinya berbagai edukasi perihal keselamatan saat berlalu-lintas.

"Ada contoh pelanggaran dan akibat yang ditimbulkan. Musiknya kami [Satlantas Polres Kulonprogo] yang menggubahnya [liriknya]," kata dia.