Advertisement

Proyek di Ngalang, Gunungkidul Bermasalah

David Kurniawan
Rabu, 14 November 2018 - 13:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Proyek di Ngalang, Gunungkidul Bermasalah Logo Gunungkidul

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Program renovasi rumah tak layak huni (RTLH) di Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari diketahui bermasalah yang mengakibatkan perbaikan 460 RTLH terhenti beberapa waktu.

Kepala Desa Ngalang, Kaderi, mengatakan renovasi RTLH di desanya sempat terhenti lantaran rekanan pemenang lelang proyek terkendala masalah keuangan. Kondisi itu pun berdampak terhadap proses pembangunan yang sempat berhenti beberapa saat.

Advertisement

Di Ngalang ada 460 RTLH yang diperbaiki. Setiap rumah mendapatkan alokasi sekitar Rp11 juta untuk material dan Rp2 juta untuk upah pekerja. Bantuan yang diberikan tidak dalam bentuk uang karena diwujudkan dengan pemberian material untuk membangun.

“Namun, selama dua hari terakhir ini sudah ada pasokan material untuk melanjutkan pembangunan,” ungkapnya, Senin (12/11/2018). Program renovasi RTLH ini bukan merupakan proyek dari pemerintah desa maupun kabupaten. Kaderi hanya bisa berharap pembangunan terselesaikan tepat waktu meski sempat ada kendala.

Kades menuturkan warga sempat khawatir terkait dengan perkembangan pembangunan karena proyek tak kunjung terlaksana meski bangunan rumah yang lama sudah dirobohkan. Warga khawatir rumah yang sudah roboh tidak dibangun lagi.

Menurut dia, secara umum di Ngalang masih ada 760 RTLH namun sampai tahun ini belum semua rumah diperbaiki karena yang jadi sasaran renovasi baru ke 460 keluarga. “Memang masih ada dan harapannya ada bantuan untuk pembangunan RTLH,” papar Kaderi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul Eddy Praptono mengatakan instansinya tidak memiliki kewenangan terhadap proyek renovasi RTLH di Ngalang.

Hal ini terjadi karena program tersebut berada di tingkat provinsi. “Tapi kami akan tetap ikut memantau sehingga pembangunan bisa selesai tepat waktu. Info terakhir katanya ada koordinasi antara pemerintah provinsi dan rekanan untuk proses pembangunan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement