Desa Wisata dan Homestay di DIY Dapat Penghargaan dari Kemenpar

Apresiasi Usaha Masyarakat Bagi CBT dan Homestay Tahun 2018. - Ist/Dok Dinpar DIY
05 Desember 2018 23:37 WIB Nina Atmasari Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Kementerian Pariwisata Republik Indonesia menyerahkan dua penghargaan kepada Provinsi DIY.

Dua penghargaan tersebut yakni Juara I pengeloaan CBT (Community Based Tourism) Desa Wisata tingkat Nasional Desa Wisata Nglinggo Pagerharjo Samigaluh Kulonprogo dan Juara I Homestay tingkat Nasional, yaitu Homestay Rejo dan Kaki Langit di Kabupaten Bantul.

Penyerahan penghargaan dilakukan di Gedung Sapta Pesona Balairung Soesulo Sudirman, pada Rabu (5/12/2018).

Penghargaan diserahkan oleh Deputi Bidang Pengambangan Kelembagaan, Rizky Handayani, masing-masing berupa piagam penghargaan dan uang tunai sebesar 12 juta rupiah.

Peserta berjumlah 19 provinsi dan melibatkan 62 CBT, 58 homestay dengan tiga aspek penilaian produk, aspek pelayanan, dan aspek pengelolaan.

Acara penganugerahan dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata DIY, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kulonprogo dan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul beserta jajarannya.

Kepala seksi Informasi di Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata DIY, Marlina Handayani mengungkapkan penganugerahan ini diharapkan dapat memacu penyelenggaraan CBT dan homestay agar dapat dikelola dengan lebih baik lagi.

"Tidak hanya meningkatkan pelayanan masyarakat, tapi juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan kenyamanan wisatawan saat berkunjung di Daerah Istimewa Yogyakarta," katanya.

Selain itu juga bertujuan agar dapat menjaga lingkungan dengan baik dan tepat. (*)