Advertisement

Pj Walikota Jogja Singgih Raharjo Maju Pilkada, Begini Respons Pemda DIY

Yosef Leon
Jum'at, 26 April 2024 - 14:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Pj Walikota Jogja Singgih Raharjo Maju Pilkada, Begini Respons Pemda DIY Kepala Daerah - Ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY merespons rencana salah seorang aparatur sipil negara (ASN) di lingkungannya yang ingin maju menjadi calon Walikota Jogja pada Pilkada 2024 mendatang. Perkembangan politik di kabupaten kota akan terus dipantau untuk memastikan tidak ada konflik kepentingan bagi kepala daerah yang berstatus Pj. 

Sekda DIY Beny Suharsono mengatakan, dirinya ikut memantau perkembangan penjaringan bakal calon yang sudah mendaftar ke sejumlah partai politik di Pilkada nanti. Pihaknya tetap menghormati ambisi politik dan keinginan individu ASN di lingkungannya yang berencana maju di Pilkada November mendatang. 

Advertisement

BACA JUGA: Pilkada 2024, Heroe Poerwadi Hingga Singgih Raharjo Ambil Formulir Pendaftaran Calon Walikota di Partai Golkar

"Saya ikut memantau, pilihan individu ya dihormati. Setelah nanti betul-betul menyatakan siap, supaya tidak ada gesekan antara beliau menjabat di sana (Pj) ya nanti kami sesuaikan," katanya, Jumat (26/4/2024). 

Beny menjelaskan, jabatan sejumlah kepala daerah yang berstatus Pj masih akan berakhir pada 22 Mei mendatang. Meskipun menjelang habisnya masa jabatan kepala daerah tersebut sudah ada yang mulai ancang-ancang untuk mendaftar, pihaknya akan melihat perkembangan sampai batas waktu terakhir.

Salah satu ASN yang santer diberitakan maju di Pilkada Jogja itu adalah Singgih Raharjo yang kini menjabat Pj Walikota Jogja. Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata DIY itu dikabarkan sudah mengambil dan mengembalikan formulir penjaringan ke Partai Golkar. 

"Kami akan melihat sampai 22 Mei atau setelah masa jabatannya habis apakah benar mau mencalonkan atau tidak," jelasnya. 

Beny juga menambahkan bahwa, jika benar Singgih maju menjadi calon Walikota Jogja pihaknya memastikan Pemda DIY akan tetap netral supaya tidak ada konflik kepentingan dalam penyelenggaraan Pilkada 2024 tersebut. 

"Kalau memang betul beliau inginnya demikian dan mau maju di Pilkada ya haknya harus dilindungi, kewajibannya juga harus dilindungi," ujarnya. 

Pemda DIY pun menyebut, sesuai dengan ketentuan bagi ASN yang ingin maju dalam Pilkada wajib hukumnya untuk mengundurkan diri terlebih dahulu. Sampai sekarang, Beny menyatakan belum menerima pemberitahuan soal rencana Singgih untuk pensiun dini dari statusnya sebagai ASN. 

"Kalau mau mendaftar di Pilkada, kan otomatis harus mengundurkan diri. Sekarang kan belum mendaftar, baru ambil formulir kan nggak harus lapor kecuali yang bersangkutan menggunakan haknya. Maju lewat partai berarti kan sudah berafiliasi sementara kami ASN kan harus netral," jelasnya. 

Ketentuan itu, kata Beny tidak hanya berlaku bagi kepala daerah yang berstatus Pj saja melainkan juga sama dengan seluruh ASN di lingkup wilayah mana pun secara nasional. "Mekanismenya kalau mau terjun ke politik praktis ya harus mengajukan pengunduran diri dari ASN kalau masa waktunya sudah mendekat dan benar-benar mau mencalonkan," pungkas dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Sebut Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Penuhi Panggilan Penyidik Harri Ini

News
| Selasa, 07 Mei 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement