Advertisement

Sultan Ibaratkan Pembangunan Bandara Kulonprogo seperti Kisah Bandung Bondowoso

Jalu Rahman Dewantara
Rabu, 09 Januari 2019 - 06:50 WIB
Bhekti Suryani
Sultan Ibaratkan Pembangunan Bandara Kulonprogo seperti Kisah Bandung Bondowoso Sri Sultan HB X (kiri) mendengarkan pemaparan progres pembangunan NYIA dalam peninjauan di lokasi bandara NYIA, Kecamatan Temon, Kulonprogo, Selasa (8/1/2019). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO- Gubernur DIY, Sri Sultan HB X mengibaratkan pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) seperti kisah Bandung Bondowoso. Alasannya, dalam jangka waktu tiga bulan sebelum peresmian pada April mendatang bandara yang berlokasi di Kecamatan Temon, Kulonprogo itu harus sudah beroperasi.

"Karena bagaimanapun, di Bulan April tahun ini diresmikan sesuai dengan ketentuan yang ada, Sebetulnya berat mengejar itu, walaupun bisa dilakukan dengan baik bahkan crane-nya aja ada 14, maka ini seperti kisah Bandung Bondowoso yang membuat Candi Prambanan dalam satu malam," kata Sultan, saat meninjau progres Pembangunan NYIA, Kecamatan Temon, Selasa (8/1/2019).

Advertisement

Seperti dikisahkan selma ini, Bandung Bondowoso adalah kisah tentang seorang pemuda sakti bernama Joko Bandung. Dia merupakan putra mahkota Kerajaan Pengging. Bandung menerima tantangan membangun 1.000 candi dalam semalam demi mempersunting Roro Jonggrang, gadis cantik putri Prabu Boko.

Namun pembuatan candi yang dalam kisahnya tinggal menyisakan satu bangunan, Roro Jonggrang justru melakukan segala upaya agar Bandung gagal. Upaya itu berhasil, yang kemudian memantik amarah Bandung sehingga mengutuk Roro Jonggrang menjadi batu.

Meski dituntut untuk cepat, Sultan tetap mewanti-wanti pelaksana proyek NYIA agar mengedepankan kualitas. "Jangan karena tergesa-gesa terus kalau nanti ada kekurangan menjadi alasan, mari kita tetap kerja profesional," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement