Advertisement

Waspadalah, Aksi Kejahatan Gunakan Mobil Rental Marak

Ujang Hasanudin
Senin, 10 Februari 2014 - 10:36 WIB
Nina Atmasari
Waspadalah, Aksi Kejahatan Gunakan Mobil Rental Marak

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Aksi kejahatan menggunakan mobil sewaan (rental) marak terjadi. Setidaknya hingga awal Februari tahun ini, dua kasus pencurian dengan menggunakan mobil rental berhasil diungkap Polres Gunungkidul.

Pertama, tiga warga Sleman yang mencuri burung tertangkap di Desa Nglipar, Kecamatan Nglipar, Minggu (9/2/2014) dini hari, menggunakan mobil Toyota Avanza AB 1359 RK. Mobil tersebut adalah milik pengusaha rental di Sleman. Sebelumnya, Januari lalu, tersangka pencurian enam ekor kambing di kecamatan Girisubo, Heri Wibowo juga menggunakan mobil Daihatsu Xenia warna silver hasil rental.

Advertisement

Kepala Polres Gunungkidul Ajun Komisaris Besar Polisi Faried Zulkarnaen mengatakan, aksi kejahatan dengan mobil rental marak terjadi karena para pelaku kejahatan lebih leluasa dalam menjalankan aksinya. Dari kasus kejahatan yang berhasil diungkapnya, jelas Faried, pelaku yang sudah lebih dari satu kali mencuri akan berganti-ganti kendaraan terlebih kendaraan tersebut kondisinya bagus untuk mengelabuhi masyarakat maupun polisi.

“Pelaku juga lebih leluasa melarikan diri dan meninggalkan kendaraan dalam kondisi yang kepepet,” ucap Faried.

Faried juga menduga serangkaian aksi kejahatan yang belum terungkap di Gunungkidul juga menggunakan mobil rental. Tahun lalu, dua kasus kejahatan pencurian ternak di Semin dan Pereadaran uang palsu yang diungkap, kata Faried, juga menggunakan mobil rental.

Untuk menekan kejahatan dengan mobil rental, Faried akan mengirimkan surat imbauan kepada para pemilik rental mobil khususnya di Gunungkidul untuk lebih selektif dalam menyewakan kendaraannya.

Pemilik rental diminta mencatat data-data penyewa mobil dengan lengkap termasuk tujuan menggunakan mobil tersebut. Faried mengaku upaya yang dilakukannya tidak bermaksud menghambat bisnis rental. “Upaya kita semata-mata untuk kehati-hatian dan menekan aksi kejahatan dengan mobil rental di Gunungkidul,” tegas perwira menengah dengan melati dua tersemat di pundaknya.

Sementara itu, Suharjono, salah satu pemilik rental mobil di Desa Ngawu, Kecamatan Playen mengaku terkadang tidak sampai menanyakan detail penggunaan mobil kepada penyewa. Namun untuk menghindari kejahatan, ayah dari dua anak ini menyewakan mobilnya kepda orang yang sudah dia kenal. “Kalau yang belum saya kenal saya tidak berani menyewakan,” ucap Suharjono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement