Advertisement

ABU KELUD : Jangan Buang Abu ke Drainase

Senin, 17 Februari 2014 - 00:22 WIB
Sugeng Pranyoto
ABU KELUD : Jangan Buang Abu ke Drainase YOGYAKARTA MASIH DISELIMUTI ABURibuan rumah di kawasan Sungai Code, Yogyakarta, Sabtu ( 15/12) diselimuti abu vulkanik menyusul letusan Gunung Kelud. ANTARA FOTO - Andreas Fitri Atmoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Kepala Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil) Kota Jogja Toto Suroto menuturkan banyak warga yang belum mengetahui cara membersihkan abu vulkanik.

Akibatnya, sejumlah warga memilih untuk menyemprotnya dengan air dan mendorongnya masuk
ke saluran drainase. "Padahal, ini akan menambah beban saluran karena bisa menjadi sedimen. Untuk itu kami minta mereka untuk tidak melakukan hal itu," ujar Toto, akhir pekan lalu.

Advertisement

Dia menambahkan, abu vulkanik tersebut sebaiknya dibersihkan dengan membasahinya memakai air dan memasukkannya ke dalam karung serta membuangnya di tempat yang aman.

Selain itu, potensi hujan yang turun diperkirakan juga mampu menambah beban drainase karena abu vulkanik tersebut akan terbawa menuju saluran air.

"Untuk itu kami akan terjunkan petugas untuk membersihkan saluran drainase tersebut," jelasnya.

Pantauan di sejumlah jalan protokoler di Kota Jogja, Minggu, sejumlah abu vulkanik sudah mulai berkurang. Jika dalam dua hari sebelumnya abu masih terlihat di tengah jalan, kemarin telah berada di pinggir jalan.

Selain upaya penyemprotan yang dilakukan Pemkot bersama dengan petugas kepolisian dan TNI, warga juga membersihkan abu dengan jalan bergotong royong.

Mereka memilih membersihkan abu dengan jalan menyemprot sebelum akhirnya dimasukkan ke karung. "Nanti abunya akan diambil pihak Pemkot. Tidak kami masukkan ke saluran karena katanya mau dibawa oleh petugas," jelas Wawan, warga Mantrijeron, Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ruang Erupsi, Penutupan Operasional Bandara Sam Ratulangi Diperpanjang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement