Advertisement

PENGEMBANGAN CHINA TOWN : Warga Pecinan Khawatir Tingkatkan Kriminalitas

Senin, 03 Maret 2014 - 13:58 WIB
Nina Atmasari
PENGEMBANGAN CHINA TOWN : Warga Pecinan Khawatir Tingkatkan Kriminalitas JIBI/HARIAN JOGJA/DESI SURYANTOFESTIVAL NAGA BARONGSAI -- Peserta menunjukkan kebolehannya dalam memainkan naga barongsai pada acara "Jogja Dragon Festival" yang digelar di sepanjang jalan Malioboro, Yogyakarta, Senin (6 - 2) malam. Festival ini menandai perayaan Cap Go Meh dan menjadi bagian dari penutupan Pekan Budaya Tionghoa Yogyakata (PBTY) VII/2012 yang berlangsung di kampung Ketandan.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Pengembangan kampung pecinan Ketandan menjadi China Town dikhawatirkan justru meningkatkan kerawanan kriminalitas, sehingga revitalisasi rumah- rumah kuno menjadi kawasan perekonomian itu tak berjalan mulus.

“Mayoritas warga sudah sepuh-sepuh takut kalau jadi China Town ketika pulang mereka dibuntuti orang,” ujar Tri Kirana Muslidatun, istri Walikota Jogja yang selama ini menjabat Ketua Panitia Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta akhir pekan lalu.

Advertisement

Keluhan itu, menurut dia, sudah pernah disampaikan langsung ke Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Beberapa minggu lalu, jelang pencairan dana keistimewaan (Danais) 2014 ini, ia mengajukan ke Pemda DIY rehabilitasi rumah kuno tersebut, tapi karena kekhawatiran itu hanya lima rumah yang teridentifikasi.
“Karena hanya mereka yang terbuka terhadap pengembangan China Town," ujarnya.

Meski begitu, tambah dia, warga bisa mengajukan sendiri ke pemerintah kota atau provinsi. Sebab, pada dasarnya, pemerintahan menganggarkan dana untuk perawatan cagar budaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement