Advertisement

KEKURANGAN PNS GUNUNGKIDUL : 300 Guru Pensiun, SD Andalkan GTT

Uli Febriarni
Senin, 01 Februari 2016 - 15:55 WIB
Nina Atmasari
KEKURANGAN PNS GUNUNGKIDUL : 300 Guru Pensiun, SD Andalkan GTT JIBI/Solopos/Ardiansyah Indra KumalaSaptaningrum, 42, mengajar di kelas II SD Negeri Mijen 2, Jebres, Solo, Rabu (12 - 2). Guru kelas tersebut sudah menjadi tenaga honorer selama 15 tahun dan tidak lolos pada rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kota Solo.

Advertisement

Kekurangan PNS Gunungkidul tahun ini akan ditindaklanjuti dengan pengangkatan guru tidak tetap (GTT)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Sedikitnya ada 300 orang guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan memasuki masa pensiun. Menghadapi kondisi ini, sejumlah Sekolah Dasar (SD) mengandalkan kehadiran dan kinerja Guru Tidak Tetap (GTT).

Advertisement

Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul, Bahron Rosyid mengatakan saat ini ada sekitar 300 guru yang memasuki masa pensiun pada 2016 ini, dengan masa akhir bekerja yang berbeda-beda, dengan jumlah guru PNS di SD 4.000 orang, Bahron menyebut Disdikpora jelas mengalami kekurangan tenaga guru PNS. Ditambah lagi, secara umum pihaknya masih membutuhkan sekitar 800 guru PNS untuk menjadi tenaga pengajar SD.

"Kami tidak bisa berbuat banyak karena Disdikpora hanya menunggu formasi yang bisa disetujui oleh Kementerian, sedangkan untuk 2016 kami masih belum tahu apakah ada formasi guru SD bagi kami [Gunungkidul]. Jadi saat ini sejumlah sekolah hanya bisa mengandalkan GTT," jelasnya, Minggu (31/1/2016).

Meski demikian Disdikpora Kabupaten Gunungkidul menambahkan, pihaknya tetap berusaha untuk meningkatkan kompetensi para GTT, dengan mengikutsertakan mereka dalam pembinaan dan sejumlah pelatihan yang diikuti dengan guru PNS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Iran Bantah Penyebab Hancurnya Gedung Pembangkit Listrik Israel

News
| Jum'at, 19 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement