Advertisement

DEMAM BERDARAH SLEMAN : Duh, Dua Pasien DBD di Sardjito Kritis

Selasa, 16 Februari 2016 - 21:55 WIB
Mediani Dyah Natalia
DEMAM BERDARAH SLEMAN : Duh, Dua Pasien DBD di Sardjito Kritis Salah satu pasien DBD, Sugeng Kuat Santoso terbaring di Ruang Melati ditemani ibunya, Ngatini di RSUP Dr. Sardjito, Selasa (16/2/2016). (Joko Nugroho/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Demam berdarah Sleman, jumlah pasien terus bertambah.

Harianjogja.com, SLEMAN -- Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito saat ini menerima 27 pasien yang mengalami demam berdarah dengue (DBD). Sebanyak dua pasien masih dalam kondisi kondisi kritis dan masih berada di ruang instalasi gawat darurat.

Advertisement

Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito, Trisno Heru Nugroho mengatakan dua pasien ini adalah anak. Satu anak usia lima tahun dari Suryowijayan dan satu lagi usia enam tahun dari Kadipiro.

"Dua bulan terakhir memang pasien kasus DBD meningkat tajam. Sudah puluhan pasien yang kami tangani, itupun kebanyakan rujukan dari rumah sakit umum daerah," kata Heru dikantornya, Selasa (16/2/2016).

Heru memaparkan, pasien DBD yang masuk di RSUP Dr Sardjito memang cukup tinggi. Hal ini terlihat sejak akhir tahun 2015, ada 241 pasien DBD dirujuk ke rumah sakit RSUP Dr Sardjito. Dari jumlah itu, 28 di antaranya meninggal dunia.

Bahkan pada Januari 2016 sudah ada 25 pasien DBD dan satu pasien meninggal dunia. Pasien ini berasal dari Desa Margoluwih, Seyegan, Sleman.

"Pasien meninggal saat di UGD. Jadi dibawa ke RSUP Dr Sardjito sudah kritis. Kami upayakan dengan maksimal pengobatannya, namun tetap tak tertolong," kata Heru.

Heru menuturkan total pasien sepanjang dua bulan pertama 2016 di RSUP Dr Sardjito mencapai 52 pasien. Dari data ini kasus DBD terbanyak dari Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul dan Kota Jogja.

"Pasiennya dari daerah itu-itu saja dari tahun ke tahun. Di antaranya Kecamatan Depok dan Kebamatan Kalasan di Sleman. Sedangkan di Kota ada Kecamatan Umbulharjo dan Suryowijayan. Salah satu penyebabnya di sana kawasan padat penduduk dan kepedulian masyarakat untuk melakukan 3M belum menyeluruh," kata Heru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement