RS PKU Muhammadiyah Terjunkan 84 Calon Tenaga Medis ke Tujuh Desa

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja - Reuters)
18 Februari 2016 09:20 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

RS PKU Muhammadiyah menerjunkan 84 calon tenaga medis ke 84 desa di DIY

Harianjogja.com, SLEMAN- Untuk memberikan layanan kesehatan secara cuma-cuma kepada masyarakat, RS PKU Muhammadiyah mengerahkan 84 mahasiswa asal Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UMY ke tujuh desa di wilayah DIY.

Kegiatan tersebut juga dilakukan untuk menyiapkan tenaga medis yang berkarakter menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Direktur PKU Muhammadiyah Jogja Joko Murdiyanto menjelaskan, mahasiswa yang dikirim tersebut akan mengabdikan dirinya kepada masyarakat selama satu bulan sejak 20 Februari hingga 20 Maret mendatang. Mereka akan memberi layanan kesehatan secara gratis.

“Ada tujuh desa di DIY yang akan dijadikan tempat mengabdi mereka. Untuk wilayah Sleman, mereka akan di tempatkan di Desa Argomulyo, Purwobinangun, dan Ambarketawang," jelas Joko, Rabu (17/2/2016).

Para calon tenaga medis tersebut akan membantu kinerja unit-unit kesehatan di desa. Mulai dari memberikan edukasi kesehatan, pelatihan dokter, penyuluhan kesehatan reproduksi, posyandu remaja, senam lansia dan berbagai kegiatan pelayanan kesehatan.

Joko berharap, kegiatan pengabdian tersebut bisa memberi dampak positif kepada mahasiswa. “Mereka yang terlibat tidak dibayar atau pun mendapatkan nilai dari kampus. Murni keinginan mereka sendiri,” tandasnya.

Ketua Panitia Milad ke93 RS PKU Muhammadiyah Jogja Indria Nehriasari menjelaskan, kegiatan pengabdian masyarakat tersebut merupakan rangkaian kegiatan ulang tahun RS PKU.