Advertisement

PERTANIAN BANTUL : Wereng Memuncak Juni-Juli

Bhekti Suryani
Senin, 29 Februari 2016 - 23:55 WIB
Mediani Dyah Natalia
PERTANIAN BANTUL : Wereng Memuncak Juni-Juli Saidi, 68, anggota kelompok tani Maju Seneng 1 menunjukkan sampel tanaman padi yang terindikasi hama wereng di areal persawahannya di Dukuh Garen, Desa Pandeyan, Kecamatan Ngemplak, Boyolali, Kamis (25/6/2015). (Kharisma Dhita Retnosari/JIBI - Solopos)

Advertisement

Pertanian Bantul pada pertengahan tahun akan disibukan dengan serangan wereng

Harianjogja.com, BANTUL- Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dispertanhut) Bantul menyatakan serangan hama wereng bakal mencapai puncak pada pertengahan tahun atau sekitar Juni hingga Juli. Petani mulai saat ini diminta mengantisipasi kegagalan panen akibat wereng.

Advertisement

Kepala Dispertanhut Bantul Partogi Dame Pakpahan mengatakan, lembaganya telah mengundang dua orang ahli hama dari Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk meneliti dan mengkaji potensi serangan hama wereng di wilayah ini. Menurut hasil kajian sejumlah ahli tersebut, serangan hama wereng belum akan berhenti saat ini, justru akan mencapai puncaknya pada Juni hingga Juli mendatang.

“Juni dan Juli paling bahaya karena puncak serangan, baru saja kami undang ahli hama dan penyakit tanaman, mereka melihat siklus yang terjadi selama ini,” terang Partogi Dame Pakpahan, Senin (29/2/2016).

Serangan hama mencapai puncak karena pada pertengahan tahun sekitar Juni hingga Juli memasuki musim kering atau perubahan cuaca yang memicu merebaknya hama tanaman.

“Di musim kering serangan wereng bisa tidak terkendali,” imbuhnya lagi.

Selain faktor cuaca, buruknya kualitas tanah akibat penggunaan pupuk kimiawi selama ini menurut Partogi memperburuk keadaan. Ia meminta petani mewaspadai kegagalan panen pada Juni hingga Juli dengan melakukan sejumlah antisipasi guna menekan keruskan lebih parah akibat hama wereng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Diserang Israel, Iran Sebut Fasilitas Nuklir Aman dan Siap Membalas dengan Rudal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement