Advertisement

PERTUMBUHAN EKONOMI DIY : DIY Sumbang 1,6% dari Total Ekspor Mebel

Kusnul Isti Qomah
Rabu, 03 Agustus 2016 - 16:55 WIB
Nina Atmasari
PERTUMBUHAN EKONOMI DIY : DIY Sumbang 1,6% dari Total Ekspor Mebel Pengunjung melihat mebel yang dipamerkan dalam Jogja International Furniture and Craft Fair Indonesia (Jiffina) 2016 di Jogja Expo Center (JEC), Minggu (13/3/2016). (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Pertumbuhan ekonomi DIY belum menunjukkan peningkatan signifikan

Harianjogja.com, JOGJA—Industri mebel di DIY belum menunjukkan pertumbuhan yang memuaskan. Pada semester pertama 2016, DIY menyumbang 1,6% dari total ekspor mebel Indonesia.

Advertisement

Ketua Bidang Aneka Kerajinan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) Endro Wardoyo mengatakan, kondisi saat ini belum memuaskan karena cenderung menurun.

Kontribusi ekspor DIY mebel kayu dengan nilai ekspor mencapai US$ 20,5 juta, sedangkan kerajinan kayu dengan nilai ekspor mencapai US$ 4 juta dolar.

“Total dari kedua komoditas ini mencapai US$24,5 juta atau setara dengan Rp318,5 miliar,” kata dia, Selasa (2/8/2016).

Ia menyebutkan, ada lima komoditas ekspor utama di DIY yakni tekstil, mebel kayu, sarung tangan kulit, minyak asiri, dan kerajinan kayu. “Mebel dan kerajinan tidak hanya bagian penting dari sumbangsih perekonomian DIY, tetapi juga merupakan denyut nadi dan budaya masyarakat DIY,” ujar dia.

Ia berharap, akan ada akselerasi program yang bisa menaikkan ekspor dan pasar domestik lebih bergairah. Adanya penggabungan dua asosiasi yakni Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) dan Asosiasi Mebel dan Kerajinan Indonesia (AMKRI) menjadi HIMKI yang dikukuhkan Kamis (28/7/2016).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement