KRIMINAL JOGJA : Datang ke Jogja untuk Bekerja, Ternyata Jadi Pencuri

ilustrasi mencuri. (Hengky Irawan/JIBI - Harian Jogja)
10 Oktober 2016 19:20 WIB Sunartono Jogja Share :

Kriminal Jogja terjadi berupa pencurian yang dilakukan dua pemuda

Harianjogja.com, JOGJA- Dua pemuda yang ditangkap tangan sedang mencuri di sebuah toko batik mengaku sengaja datang ke Jogja untuk mencari kerja.

Salah satu di antaranya masih di bawah umur berinisial RRD, 17 dan satu lagi bernama Rian Tamara, 18. Keduanya berasal dari Kecamatan Sindang Danau, Kabupaten Oku, Sumatera, Selatan.

Mereka ditangkap karena ketahuan mencongkel sebuah Toko Batik di kawasan Jalan Ibu Ruswo, Prawirodirjan, Gondokusuman, Kota Jogja, Minggu (10/10/2016) dinihari.

Kanit Reskrim Polsek Gondomanan AKP Luki menambahkan, saat diperiksa, kedua tersangka mengaku datang ke Jogja untuk mencari pekerjaan.

Tetapi faktanya, mereka tidak membawa kartu identitas dan ijazah. Oleh karena itu, pihaknya menyimpulkan, mereka sengaja datang ke Jogja untuk mencuri.

Apalagi, berdasarkan keterangan warga selama beberapa pekan terakhir berkali-kali ada laporan warga terkait kasus pencurian yang diduga kuat dilakukan dua remaja.

"Total sudah ada enam TKP [tempat kejadian perkara], empat TKP di Gondomanan, salahsatunya di Jalan Ireda, dan dua TKP di Kraton," ujar dia, Senin (10/10/2016).

Keduanya menyasar rumah maupun toko yang dalam keadaan kosong, kemudian membobolnya dengan berbekal obeng. Tersangka sudah menjual ponsel serta laptop, uangnya dipakai untuk membeli gitar serta bekal rekreasi ke Candi Borobudur dan Pantai Parangtritis.