Advertisement

PENDIDIKAN TINGGI : Moratorium, Peluang Menambah Mahasiswa Terganjal Aturan

Kamis, 01 Desember 2016 - 23:20 WIB
Mediani Dyah Natalia
PENDIDIKAN TINGGI : Moratorium, Peluang Menambah Mahasiswa Terganjal Aturan Ilustrasi wisuda mahasiswa (mahasiswastan.com)

Advertisement

Pendidikan Tinggi untuk martorium mengakibatkan peningkatan jumlah mahasiswa terhambat

Harianjogja.com, JOGJA - Perguruan tinggi swasta (PTS) di Jogja tidak menjadikan moratorium pendirian perguruan tinggi yang dikeluarkan Kementerian Riset dan Teknologi Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) sebagai kesempatan mendulang lebih banyak mahasiswa.  Kampus-kampus swasta di Kota Pendidikan ini terbentur aturan dari Kemenristekdikti terkait jumlah rasio antara dosen dan mahasiswa.

Advertisement

Ketua Penjaminan Mutu Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta indonesia (APTISI) DIY Johannes Eka Priyatma menyatakan, untuk saat ini tidak mungkin memaksakan penambahan kuota jumlah mahasiswa. Pasalnya perbandingan antara dosen dan mahasiswa di kampus DIY sudah maksimal.

"Tentu sebenarnya ini bisa jadi peluang. Tapi aturan rasio dosen dan mahasiswa dari pemerintah kan sangat ketat." papar sosok yang juga menjabat sebagai Rektor Universitas Sanata Dharma (USD) itu kepada Harianjogja.com, Kamis (1/12/2016).

Johannes pun menjelaskan selama itu kendala rasio dosen dan mahasiswa itu juga menjadikan sejumlah kampus berskala besar mengalami keterbatasan dalam perekrutan mahasiswa baru.

Dia memberikan gambaran, di USD selama ini hanya menerima 2800 mahasiswa baru. Padahal yang mendaftar mencapai puluhan ribu. Secara rasio perbandingan, jumlah mahasiswa dan dosen sudah merata sehinga penambahan kuota mahasiswa pun tidak bisa dipaksakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 11 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Google Kembali Pecat Karyawan yang Protes Proyek Kerja Sama dengan Israel

News
| Jum'at, 19 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement