YPA-MDR Tingkatkan Mutu Sekolah Binaan dengan Pentas Seni dan Lomba

JIBI/HARIAN JOGJA/DESI SURYANTOSENI BUDAYA MELAYU -- Sejumlah penari menampilkan tarian kreasi Zapin Ya Salam pada Pentas Seni Budaya Melayu yang diselenggaran oleh Ikatan Pelajar Riau Yogyakarta di Gedung Societet Taman Budaya Yogyakarta, Minggu (8 - 1). Pentas seni budaya melayu dan orasi kebangsaan tersebut untuk lebih memperkenalkan kebudayaan melayu kepada masyarakat luas dan memperkokoh idealisme kebudayaan yang dimiliki bangsa Indonesia.
13 Desember 2016 15:13 WIB Kusnul Isti Qomah Gunungkidul Share :

Yayasan Pendidikan Astra-Michael D Ruslim (YPA-MDR) meningkatkan mutu sekolah binaan dengan menyelenggarakan Pentas Seni dan Lomba (Pensil) Sekolah Binaan

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Yayasan Pendidikan Astra-Michael D Ruslim (YPA-MDR) meningkatkan mutu sekolah binaan dengan menyelenggarakan Pentas Seni dan Lomba (Pensil) Sekolah Binaan dengan tema Raih Prestasi Menuju Sekolah Unggul di Gedangsari, Gunungkidul dan Pandak, Bantul, 8-9 Desember 2016 dan ditutup di SDN Prengguk 1, Gedangsari, Gunungkidul, Sabtu (10/12/2016).

Ketua Pengurus YPA-MDR Arietta Adrianti mengungkapkan, YPA-MDR sangat berterima kasih untuk semua pihak yang terlibat dalam Pensil tahun 2016 ini.

"Harapan kami kegiatan ini dapat melatih siswa dan guru sekolah binaan untuk siap berkompetisi dan berprestasi. Tetap semangat dan raihlah prestasi setinggi-tingginya, menuju sekolah unggul,” ujar dia di SDN Prengguk I, Gedangsari, Sabtu (10/12/2016).

Acara itu diramaikan penampilan karawitan, pencak silat, tari tradisional, dan juga fashion show busana batik oleh siswa SMPN dan SMKN binaan YPA-MDR di Gedangsari dan Pandak. Tidak ketinggalan, pemberian apresiasi seluruh guru dan siswa yang berprestasi dan reward kepada para pemenang Pensil 2016.

Pentas Seni dan Lomba (Pensil) Sekolah Binaan YPA-MDR Pentas Seni dan Lomba (Pensil) merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh YPA-MDR di salah satu daerah sekolah binaan setiap tahunnya.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri guru dan siswa dalam mengikuti setiap ajang perlombaan yang diadakan, baik di tingkat kabupaten, tingkat provinsi, maupun tingkat nasional.

Jenis lomba yang diselenggarakan adalah lomba akademis, lomba berbagai macam cabang olahraga, dan lomba seni budaya, sebagai ajang persiapan mengikuti Lomba Guru Berprestasi, Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), serta Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

DIY mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah pada pelaksanaan Pensil 2016 kali ini yang diikuti oleh seluruh sekolah binaan di Gedangsari dan Pandak. Pensil 2016 juga merupakan ajang lomba persahabatan di mana kedua kecamatan dapat saling mengenal satu sama lain. Harapannya guru dan siswa untuk mempererat rasa kebersamaan dan persaudaraan antara sekolah binaan YPA-MDR yang ada di DIY.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Gedangsari Hery Kuswanto sangat mengapresiasi kepedulian dan pembinaan YPA-MDR dalam meningkatkan mutu pendidikan di Gunungkidul dan Bantul.

"Sejak 2007, kami telah menerima tidak hanya bantuan pendidikan, tapi YPA-MDR juga memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu kecakapan hidup dan seni budaya yang menimbulkan efek positif bagi seluruh sekolah binaan,” papar dia.

Retno Yuli, Plt Kepala SMPN 4 Pandak, Bantul mengatakan, Pensil 2016 yang diselenggarakan oleh YPA-MDR kali ini memberikan banyak pengalaman yang membuat jauh lebih siap dibandingkan dengan sekolah yang bukan binaan. "YPA-MDR terus menyemangati kami untuk menjadi yang terbaik,” tutur dia.

Upacara penutupan Pensil dihadiri oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Gedangsari Hery Kuswanto, Kepala Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Seni Budaya (P4TKSB) Toto Sugiarto Arifin, dan Kepala Desa Tegalrejo, Gedangsari Sugiman beserta 450 peserta yang di antaranya seluruh kepala sekolah, guru, siswa beserta orang tua dari enam SDN, satu SMPN, dan satu SMKN di Gedangsari, Gunungkidul dan tiga SDN, satu SMPN, dan satu SMKN di Pandak, Bantul.