Advertisement

LIBUR AKHIR TAHUN : Harga Bahan Pangan di 5 Pasar Ini Diawasi

Kusnul Isti Qomah
Jum'at, 23 Desember 2016 - 20:20 WIB
Nina Atmasari
LIBUR AKHIR TAHUN : Harga Bahan Pangan di 5 Pasar Ini Diawasi Seorang pedagang cabai di Pasar Beringharjo Warti ketika berjualan, Jumat (16/12/2016). (Kusnul Isti Qomah/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Libur akhir tahun menyebabkan konsumsi warga meningkat

Harianjogja.com, JOGJA--Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) DIY melakukan pantauan harga pangan dan menyimpulkan harga bahan pangan tercatat cukup terjaga meskipun terdapat kecenderungan meningkat.

Advertisement

Asisten Perekonomian dan Pembangunan SDA Setda DIY Gatot Saptadi mengatakan, TPID melakukan pemantauan harga dan ketersediaan bahan pangan menjelang Natal dan Tahun Baru. Pemantauan dilakukan selama empat hari pada 19-22 Desember 2016.

Pemantauan dilakukan di lima pasar utama di seluruh kabupaten dan kota yakni Pasar Beringharjo, Jogja; Pasar Godean, Sleman; Pasar Wates, Kulonprogo; Pasar Bantul, dan Pasar Argosari, Gunungkidul.

"Ada kecenderungan naik tapi tetap terjaga. Meningkatnya permintaan masyarakat seiring dengan adanya liburan sekolah, Natal, dan Tahun Baru mendorong tekanan harga bahan pangan pokok," ungkap dia, Jumat (24/12/2016).

Ia mengungkapkan, beberapa komoditas yang mengalami peningkatan harga antara lain telur ayam ras, daging ayam ras, dan cabai rawit. Harga telur ayam ras di Pasar Beringharjo tercatat sebesar Rp21.000 per kg, meningkat dibandingkan minggu sebelumnya yang sebesar Rp19.000 per kg. Harga cabai rawit meningkat menjadi Rp55.000 per kg dari Rp50.000 per kg pada minggu sebelumnya.

"Rata-rata harga daging ayam ras hampirĀ  seluruh pasar yang meningkat menjadi Rp30.000 per kg dibandingkan minggu sebelumnya sebesar Rp28.000 per kg," ungkap Koordinator TPID DIY.

Namun, sejumlah harga bahan pangan pokok utama tercatat relatif stabil dan terjaga seperti beras, daging sapi, dan cabai merah. Dengan pencapaian inflasi pada November 2016 yang berada pada level 2,91% (yoy) atau 1,93% (ytd), maka diperkirakan inflasi keseluruhan tahun 2016 masih dalam rentang target inflasi 4+-1.

Ia mengatakan, hal ini juga didukung oleh berbagai upaya dan program pengendalian inflasi yang dilakukan TPID DIY dan kabupaten seperti roadmap pengendalian inflasi DIY untuk menjaga kestabilan rendahnya tingkat inflasi di DIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement