Advertisement

BANDARA KULONPROGO : NYIA Dinanti UMKM untuk Menembus Pasar Internasional

Jum'at, 05 Mei 2017 - 22:32 WIB
Mediani Dyah Natalia
BANDARA KULONPROGO : NYIA Dinanti UMKM untuk Menembus Pasar Internasional Seremoni peletakan batu pertama dilakukan oleh Penjabat Bupati Kulonprogo Budi Antono di lahan relokasi tanah desa wilayah Glagah, Kecamatan Temon, Kulonprogo, Jumat (7/4/2017). (Rima Sekarani I.N./JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Bandara Kulonprogo dapat membantu UMKM berkembang

Harianjogja.com, JOGJA -- Pembangunan bandara baru di Kulonprogo tidak hanya dinanti masyarakat DIY dan kalangan pariwisata. Para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah juga tak sabar menyambut New Yogyakarta International Airport (NYIA) yang nantinya dapat menjadi jembatan bagi produk lokal menuju pasar mancanegara.

Advertisement

Dalam diskusi Gebyar UMK 2017 bertajuk UMK Jogja Siap Sambut Bandara Baru NYIA, sejumlah pelaku usaha mikro kecil mengaku tak sabar bandara baru ini dapat segera dioperasikan. Diskusi ini dimoderatori Guru Besar Fakultas Ekonomi UGM, Profesor Mudrajad Kuncoro dengan narasumber dari Kepala Dinas Koperasi dan UMKM DIY Sri Saktiyono, General Manager PT Angkasa Pura I Agus Pandu Purnama dan Pj Walikota Jogja Sulistiyo.

"Di negara maju, penambahan bandara baru dilakukan apabila peningkatan jumlah penumpang sudah meningkat lebih dari 20 persen, Artinya, pengembangan bandara baru iniĀ  mestinya sudah dapat dilakukan Jogja jauh hari," ujar GM PT Angkasa Pura Agus Pandu Purnama, Jumat (5/5/2017).

Pandu memaparkan jumlah penumpang pesawat di Bandara Internasional Adi Sutjipto tahun lalu mencapai 7,2 juta, padahal kapasitas bandara ini hanya memiliki daya tampung 1,2 juta penumpang. Demand transportasi udara di Jogja sangat tinggi jika dibandingkan dengan Solo.

"Bandara baru di Kulonprogo nantinya akan dapat menampung lebih dari 15 juta penumpang per tahun. Jika sekarang hanya dapat menampung delapan pesawat yang parkir, nantinya NYIA akan dapat menampung lebih banyak pesawat dan memungkinkan penerbangan langsung ke sejumlah negara," papar Pandu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TWC Targetkan Wisatawan Candi Borobudur & Prambanan Naik 37% Saat Libur Lebaran

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement