Advertisement

KEKERINGAN GUNUNGKIDUL : Serunya Pesta Ikan di Telaga Tanjung

David Kurniawan
Senin, 29 Mei 2017 - 09:22 WIB
Mediani Dyah Natalia
KEKERINGAN GUNUNGKIDUL : Serunya Pesta Ikan di Telaga Tanjung Ilustrasi ikan gabus dan ikan air tawar lainnya (JIBI/Solopos - Antara)

Advertisement

Kekeringan Gunungkidul juga dirasakan peternak setempat.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Ratusan warga di Dusun Wangen, Pacarejo, Semanu berpesta dengan melakukan pencarian ikan secara bersama-sama. Hal ini dilakukan karena air di Telaga Tanjung yang mengering akibat datangnya musim kemarau.

Advertisement

Pesta ikan yang dilakukan warga Dusun Wangen itu dilakukan pada Jumat (26/5/2017) lalu. Berbekal dengan alat tangkapan ratusan warga sejak pagi berkumpul untuk menangkapi ikan seperti lele, nila, gabus, udang hingga mujair yang ada di Telaga Tanjung.

Baca Juga : http://m.harianjogja.com/?p=820422">KEKERINGAN GUNUNGKIDUL : Telaga Mengering, Warga Berebut Mencari Ikan

Ratno, warga lainnya di Dusun Wangen menilai proses pencarian ikan di Telaga Tanjung yang telah mengering sangat dinanti-nantikan warga. Pasalnya kegiatan itu memberikan kemeriahan tersendiri, sekaligus menjadi hiburan bagi masyarakat.

“Banyak yang datang. Sedang untuk penangkapan ada yang menggunakan jaring, tapi juga ada yang menggunakan tangan kosong,” kata Ratno, Minggu (28/5/2017)

Menurut dia, keberadaan Telaga Tanjung bukan satu-satunya yang ada di Pacarejo. Sebab di daerahnya tersebut juga ada Telaga Jonge. Namun keberadaan air di Tanjung tidak seperti di Jonge yang airnya tetap melimpah saat kemarau.

“Di Telaga Tanjung air akan menyusut dan mengering saat kemarau. Saat airnya tinggal sedikit, maka dimanfaatkan warga untuk mencari ikan yang ada di telaga,” katanya lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement