Advertisement

Ancaman Longsor Jadi Perhatian BPBD Sleman

Abdul Hamied Razak
Senin, 08 Januari 2018 - 13:20 WIB
Kusnul Isti Qomah
Ancaman Longsor Jadi Perhatian BPBD Sleman

Advertisement

Perbukitan Prambanan dan sungai-sungai kecil perlu diwaspadai

Harianjogja.com, SLEMAN-Ancaman longsor menjadi perhatian serius Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman pada puncak musim hujan Januari-Februari 2018 ini. Perbukitan Prambanan dan sungai-sungai kecil perlu diwaspadai.

Advertisement

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan mengatakan, puncak musim hujan pada bulan ini diperkirakan di atas batas normal. Kondisi itu menjadi perhatian khususnya terkait ancaman bencana longsor di wilayah Prambanan. Termasuk potensi banjir di wilayah Sumberharjo.

"Kami fokus ke Prambanan karena potensi longsor ada. Ini dipicu intensitas hujan yang diperkirakan tinggi," kata Makwan kepada Harianjogja.com, Sabtu (6/1/2018).

Di wilayah Prambanan, terdapat sekitar 30 Early Warning System (EWS) untuk mengantisipasi bencana longsor. Sayangnya, muncul titik-titik longsor baru yang perlu diwaspadai masyarakat. "Titik-titik longsor baru ini tidak ada EWS-nya. Ini perlu di waspadai seperti yang terjadi di Prambanan saat badai Cempaka kemarin," jelasnya.

Meski begitu, ancaman bencana lain seperti banjir, petir, dan angin kencang juga tetap diwaspadai di semua wilayah. Alasan Makwan, selama beberapa tahun terakhir terjadi perubahan lahan cukup tinggi. Besarnya pembangunam menyebabkan aliran sungai mengalami sedimentasi meski tidak terlalu ekstrem. "Kalau daya tampung sungai berkurang, hujan dengan intensitas tinggi, maka potensi air meluap bisa terjadi," katanya.

Oleh karena itu, BPBD Sleman juga menfokuskan kewaspadaan di sungai-sungai yang tidak berhulu ke Merapi. Misalnya sungai Bedog, Gamping, Kali Denggung, Sleman, Sungai Getas, Turi, dan Sungai Gawe, Prambanan. Adapun Kali Winongo, Gajahwong, dan sungai-sungai yang berhulu ke Merapi dinilai masih aman dari luapan air karena palungnya masih aman. "Pembersihan rumpun bambu ataupun pohon yang berpotensi menghalangi aliran sungai sudah dilakukan," katanya.

Sementara itu Sekda DIY, Gatot Saptadi saat membuka Muskerda PMI DIY mengingatkan seluruh elemen kebencanaan untuk melakukan koordinasi dalam upaya penanggulangan bencana. "Kuncinya komunikasi. Sebelum terjadi bencana semua komunitas, relawan kebencanaan dan BPBD harus sering melakukan komunikasi," ujar Gatot.

Gatot juga meminta agar tidak perlu ada ego sektoral dalam penanganan bencana. Semua elemen diminta dapat bersinergi satu sama lain. Untuk itu, manajemen dan koordinasi kebencanaan harus ditingkatkan kembali. "Masing-masing jangan berjalan sendiri-sendiri. Kami akan tekankan BPBD dapat bekerja dengan efektif dalam penanganan bencana," lanjut Gatot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Darurat, Kasus Demam Berdarah di Amerika Tembus 5,2 Juta, 1.800 Orang Meninggal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement