Advertisement

Tiap Hujan Deras, Warga Siluk Was-Was

Rheisnayu Cyntara
Jum'at, 12 Januari 2018 - 11:55 WIB
Nina Atmasari
Tiap Hujan Deras, Warga Siluk Was-Was

Advertisement

Warga Dusun Siluk, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri was-was. Pasalnya rumah mereka terletak tak jauh dari Sungai Oya yang rawan tergerus air

Harianjogja.com, BANTUL--Tiap kali hujan deras dengan durasi cukup lama turun, warga Dusun Siluk, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri was-was. Pasalnya rumah mereka terletak tak jauh dari Sungai Oya yang rawan tergerus air.

Advertisement

Salah satu warga RT 01, Dusun Siluk 1, Ruji menuturkan hujan deras yang turun semalam membuat warga siaga. Pasalnya sejak akhir November lalu hingga kini, bantaran sungai mulai tergerus sedikit demi sedikit mendekati rumah warga.

"Ini sudah tambah [tergerus] lagi sekitar tiga meter," katanya, Jumat (12/1/2018).

Ruji menambahkan warga Siluk masih cukup beruntung karena bantaran sungai yang berada di wilayah tersebut sudah terlindungi dengan bronjong. Tidak seperti wilayah Desa Sriharjo di sisi sungai lainnya yang rata-rata masih berupa tanah gembur pertanian.

Namun ia menambahkan bronjong tersebut juga telah berumur lama hingga puluhan tahun. Oleh sebab itu ia khawatir jika terus tergerus air, bronjong tersebut tidak akan kuat menahan tanah di atasnya.

"Yang dekat jalan bronjongnya sudah ambrol. Kalau nggak cepet dibenerin, ajrih [takut] ambrol sampai rumah warga," katanya.

Berdasarkan pengamatan Harianjogja.com, jarak antara rumah warga memang sangat dekat dengan pinggir sungai. Bahkan beberapa rumah berjarak tidak sampai lima meter dari tubir sungai karena abrasi, terutama permukiman di RT 01, Dusun Siluk 1.

Sedangkan di seberang sungai, tanah persawahan banyak yang ambrol. Sisa-sisa pohon tumbang masih tampak terserak di pinggir aliran air sungai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat Ikuti Pelatihan di di Australia

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement