SD Muhammadiyah Pakel Gelar Pembelajaran di Pegunungan yang Sejuk

14 Maret 2018 20:20 WIB Nina Atmasari Jogja Share :

SD Muhamamdiyah Pakel menggelar pembelajaran terakhir di luar kelas dengan media alam pegunungan yang sejuk

Harianjogja.com, JOGJA- Rabu, 14 Maret 2018 merupakan hari spesial bagi anak-anak kelas 3 dan 4 SD Muhammadiyah Pakel (MP3) Yogyakarta. Mereka mendapatkan giliran untuk mengikuti pembelajaran terakhir di luar kelas dengan media alam pegunungan yang sejuk.

Sedikitnya 165 siswa mengikuti kegiatan tersebut dengan rasa gembira.

Kegiatan tersebut sengaja dilakukan pada pertengahan bulan Maret dengan harapan agar anak dapat melepas penat setelah melaksanakan Penilaian Tengah Semester Genap.

Program pembelajaran di luar kelas ini merupakan program rutin tahunan yang dilaksanakan dengan mengambil lokasi yang jauh dari sekolah agar anak mampu mengenal lebih jauh tentang lingkungan alam maupun lingkungan sosial.

Humas sekolah, Dahuri mengungkapkan agenda acara outdoor school untuk semester genap biasanya lebih kepada anak mengenal tentang alam sekitar.

Dengan menggunakan media alam itulah diharapkan nantinya karakter anak semakin tumbuh berkembang melalui beberapa game yang telah disiapkan oleh panitia.

Anak-anak bersiap dari SD MP3 yang berada di komplek masjid Mataram Jl. Pakel Baru 40 Sorosutan Umbulharjo Yogyakarta setelah melaksanakan salat Duha dan tadarus bersama. Mereka dilepas secara simbolik oleh kepala sekolah di halaman sekolah.

"Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan tersebut sesungguhnya lebih mengarah pada aspek motorik mereka. Dengan mengasah aspek motorik mereka secara tidak langsung akan berimbas pada perilaku keseharian mereka dalam menghadapi masalah," tutur Menik Kamriana, Kepala SD MP3 Yogyakarta, dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Rabu (14/3/2018).

Karakter yang ingin ditumbuhkan melalui kegiatan outbond tersebut diantaranya adalah karakter religius, disiplin, kerjasama, saling menghargai, mandiri, percaya diri dan pemberani.

Contoh karakter pemberani yang ditumbuhkan melalui kegiatan rintangan jaring gantung dan susur sungai. Mereka secara sadar akan termotivasi untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya karena harus menjauhi rasa takut.

"Selain itu dengan adanya kegiatan susur sungai, anak-anak akan lebih mengenal alam sekitar sehingga mereka ikut berkiprah melestarikan alam dengan melepas ikan dan membuang sampah pada tempatnya," kata Ardan Fahrudin selaku Koordinator Kesiswaan SD MP3.

Sesampainya di lokasi outbond Alam Shaba Pakem Sleman, anak-anak berbaris melakukan senam pemanasan dengan di dampingi wali kelas masing-masing dan dipandu oleh Roma Sukarno selaku guru olah raga SD MP3.

Sementara itu team outbond dari sekolah yang terdiri dari 8 orang yaitu Muh. Habibi Ristrian, Muji Al Ana, Ananto Dwi Prasetya, Ifti Nur Faizah, Janu Harjanto, Ardan Fahrudin dan Dahuri mempersiapkan game di pos-pos yang akan dilalui oleh siswa.

Harapannya ke depan anak-anak semakin tumbuh karakternya sehingga di manapun mereka berada selalu menampilkan akhlak yang mulia. Mereka mampu menjadi anak-anak yang berjiwa religius dan mandiri sebagai bukti keberhasilan pendidikan di SD MP3 Yogyakarta.