Advertisement

Tinjau Rumah Sakit di Sleman, Menteri Puan Maharani Bicara soal Layanan Kesehatan

Irwan A Syambudi
Rabu, 04 April 2018 - 04:50 WIB
Bhekti Suryani
Tinjau Rumah Sakit di Sleman, Menteri Puan Maharani Bicara soal Layanan Kesehatan Keterangan Foto: Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani memberikan bingkisan kepada sejumlah masyarakat saat melakukan tinjauan di Rumah Sakit (RS) PKU Muhamadiyah Gamping, Selasa (3/4/2018) Harian Jogja - Irwan A. Syambudi)

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani meninjau pelayanan Rumah Sakit (RS) PKU Muhamadiyah Gamping. Dalam tinjauannya itu ia meminta rumah sakit agar menjaga kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Dalam kunjungannya ke RS PKU Muhammdiyah Gamping pada Selasa (3/4/2018) itu, Puan meninjau seluruh pelayanan rumah sakit dari mulai pendaftaran, ruang rawat inap, hingga ruang pelayanan lainnya. Seusai melakukan tinjauan, dia berpesan agar rumah sakit dapat selalu memberikan pelayanan kepada seluruh lapisan masyarakat dengan baik. “Ke depan rumah sakit harus menjaga pelayananya, kebersihannya, dan kualitasnya,” kata dia, Selasa (3/4/2018).

Secara keseluruh pelayanan di RS PKU Muhammadiyah dinilainya cukup baik. Dia mencontohkan seperti pelayanan pendafaran sudah menggunakan sistem online, sehingga pasien dapat mengetahui nomor antrean dan mengantre dengan teratur.

Selain itu sejumlah pelayanan lain seperti untuk pasien kelas III atau pasien yang menggunakan Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan baik mandiri atau penerima bantuan iuran juga berjalan baik. “Tadi semuanya saya tanya dan alhamdulilah mendapatkan pelayanan susuai dengan apa yang diharapkan,” ujarnya.

Di sisi lain dia berharap agar ke depan rumah sakit juga dapat bersinergi dengan Pemerintah Pusat berkait dengan masalah kesehatan, sehingga mayarakat mendapatkan pelayanan yang baik dan terukur. Tidak hanya itu, rumah sakit juga diharapkan mengedepankan preventif dan promotif dalam hal pelayanan kesehatan.

“Sehingga orang datang ke rumah sakit bukan hanya karena sudah sakit tapi untuk mengjaga kesehatannya,” kata cucu presiden pertama Indonesia itu.

Sementara itu Direktur Utama RS PKU Muhammadiyah Gamping, Ahmad Faisal mengatakan siap untuk menjalankan amanat dan pesan dari Menteri Puan. Dalam hal pelayanan dia mengakui selama ini terus berupaya untuk meningkatkannya.

Selain menyediakan peralatan rumah sakit yang sudah cukup memadai, selama ini RS PKU Muhammadiyah juga telah melayani pasien BPJS dari seluruh kelas. Sehingga masyarakat di sekitar, khususnya di Kecamatan Gamping mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai.

Ditambahnya lagi, sesuai dengan arahan menteri untuk tindakan preventif dan promotif kesehatan kedepan akan dilakukan. “Salah satunya nanti yang akan kami lakukan adalah dengan mengadakan sosialisasi tentang kesehatan ke masyarakat,” kata dia.


Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Ada Kabel Semerawut, ORI DIY: Laporkan!

Ada Kabel Semerawut, ORI DIY: Laporkan!

Jogjapolitan | 10 hours ago

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement