Advertisement

Ditambah Taman, Bantul Bakal Lebih Hijau

David Kurniawan
Selasa, 10 April 2018 - 22:17 WIB
Nina Atmasari
Ditambah Taman, Bantul Bakal Lebih Hijau Ilustrasi hutan kota. - Solopos/Sunaryo Haryo Bayu

Advertisement


Harianjogja.com, BANTUL – Dinas Lingkungan Hidup berkomitmen untuk membuat Bantul menjadi lebih rindang. Total anggaran Rp1,4 miliar disediakan untuk mewujudkan hal tersebut.

Kepala DLH Bantul Masharun Ghozalie mengatakan, upaya membuat Bantul lebih rindang dilakukan dengan menggalakan kegiatan tamanisasi. Untuk tahun ini, ada alokasi anggaran Rp1,4 miliar yang rencananya digunakan memperindang di empat kawasan.

Advertisement

“Sudah kami persiapkan dan mudah-mudahan dengan program ini Kota Bantul menjadi lebih sehat dan masyarakat nyaman tinggal di wilayahnya masing-masing,” katanya kepada wartawan, Selasa (10/4/2018).

Menurut dia, untuk gerakan tamanisasi akan terus digalakan. Hal ini dilihat dari rencana program di 2019 yang anggaran untuk tamanisasi naik menjadi Rp3,5 miliar.

“Kita nanti juga akan melakukan lomba keindahan taman. Untuk itu, kegiatan tamanisasi akan terus digalakan hingga ke tingkat desa hingga RT,” ujarnya.

Ditambahkannya, untuk memperrindang kawasan, DLH akan menambah pohon perindang seperti Angsana dan beberapa pohon lain di sepanjang jalan Bantul, kawasan Jalan Dongkelan, Jalan Parangtritis, Jalan Imogiri Barat dan Jalan Imogiri Timur.

"Idealnya jarak antara satu pohon dengan pohon lain di sepanjang jalan adalah tiga meter. Namun kita sekarang sedang mengusahakan menjadi lima meter dan ke depannya lagi, akan diusahakan jaraknya sesuai dengan jarak ideal yakni tiga meter," tambahnya.

Masharun menuturkan, keberadaan pohon perindang dan tamanisasi terbukti ampuh membuat lingkungan menjadi lebih indah. Selain itu, kegiatan tersebut juga berfungsi untuk mengurangi polusi sehingga udara di lingkungan sekitar menjadi lebih bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement