Advertisement

Jangan Sampai Terulang Lagi, PPDB di Jogja Terganggu Listrik Padam

Salsabila Annisa Azmi
Kamis, 21 Juni 2018 - 06:17 WIB
Nina Atmasari
Jangan Sampai Terulang Lagi, PPDB di Jogja Terganggu Listrik Padam Calon peserta didik baru tahun ajaran 2012-2013 jalur Kartu Menuju Sejahtera (KMS) mendaftarkan diri di SMP Negeri 15 Yogyakarta, Senin (25/6/2018). - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY akan menyelenggarakan pelatihan final kepada seluruh guru operator Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2018. Pelatihan akan dilakukan serentak di seluruh SMA dan SMK sederajat di seluruh DIY pada pekan depan.

Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan masing-masing sekolah memiliki dua guru yang ditunjuk sebagai operator PPDB 2018.

Nantinya para operator akan diberi simulasi pengoperasian sistem PPDB 2018 online demi kelancaran pelaksanaan PPDB 2018. "Mereka juga mempraktekkan pengeluaran token bukti pendaftaran, itu juga akan kami latih," kata Aji, Rabu (20/06/2018).

Selain pelatihan pengoperasian sistem online PPDB 2018, sebelumnya Disdikpora DIY sudah melakukan pelatihan berkala mengenai pendalaman Petunjuk Teknis (juknis) berupa seminar di semua SMA dan SMK sederajat. Nantinya pelatihan sistem online PPDB 2018 akan dilaksanakan di Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kota Jogja.

Kepala Sekolah SMA Negeri 8 Yogyakarta Munjid Nur Alamsyah mengatakan pihaknya telah rutin mengikutsertakan dua operatornya mengikuti pelatihan pendalaman juknis PPDB 2018 yang diselenggarakan oleh Disdikpora DIY.

Munjid mengatakan pelatihan pengoperasian sistem online PPDB 2018 sudah dilaksanakan secara berkala sebelum libur lebaran.

"Pelatihan yang dilaksanakan pekan depan adalah pelatihan final untuk sistem onlinenya. Selama pelatihan sebelum lebaran, kami belum menemukan kendala, semua berjalan lancar, termasuk pemahaman juknisnya," kata Munjid.

Munjid mengatakan kendala pengoperasian bukan terletak pada sulitnya pengoperasian sistem atau pemahaman operator, namun menurut dia semua persiapan akan sia-sia apabila tidak ditunjang aliran listrik yang memadahi.

Dia berharap kesiapan operator PPDB 2018 nantinya juga ditunjang oleh sarana listrik yang memadahi agar kejadian mati listrik di sejumlah daerah di DIY tidak kembali terulang.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Eco-Enzyme, Atasi Sampah Hasilkan Rupiah

Eco-Enzyme, Atasi Sampah Hasilkan Rupiah

Jogjapolitan | 20 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konsumsi Sabu, Artis Rio Reifan Ditetapkan Tersangka

News
| Senin, 29 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement