Advertisement

Warga Heboh Temukan Batu Aneh di Gunungkidul

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 08 Agustus 2018 - 17:00 WIB
Bhekti Suryani
Warga Heboh Temukan Batu Aneh di Gunungkidul Batu yang ditemukan warga di Dusun Kenteng, Desa Karangasem, Kecamatan Paliyan, Rabu (8/8/2018). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL— Warga Dusun Kenteng, Desa Karangasem, Kecamatan Paliyan dihebohkan dengan ditemukannya batu yang dinilai masyarakat memiliki nilai sejarah dan memiliki keanehan.

Pengurus Komunitas Sadar Sejarah di Paliyan Manahati, Dwi Arinto mengatakan pertama kali batu tersebut viral di masyarakat saat pekerja mencoba mengeruk tanah ladang untuk membuat jalan.

Advertisement

“Awalnya saat mengeruk tanah untuk jalan setapak warga dengan bachoe ditemukan batu ini yang bentuknya kotak dan lubang bulat ditengah. Sepertinya dua ini namun terpecah-pecah jadi enam bagian,” katanya Rabu (8/8/2018).

Menurutnya benda tersebut jika dilihat dari bentuknya merupakan lumpang atau tempat menumbuk. Namun hal tersebut perlu dipastikan oleh yang lebih ahli dibidangnya menurut Rinto.

“Memang perlu dipastikan lagi apa benda tersebut dan umurnya sudah berapa lama. Namun untuk sementara pastinya akan dijaga dahulu. Kemarin dari pihak desa, kepolisian juga sudah datang,” ujarnya.

Ia menceritakan saat pemindahan batu tersebut awalnya cukup kesulitan, dan muncul beberapa keanehan. Seperti batu tersebut tidak mau untuk diangkat, dan menyangkut di bachoe.

Sementara itu pemilik lahan Harjo, Winoto, mengatakan sebenarnya batu tersebut sudah ada semenjak ia kecil, dan ditemukan oleh ayahnya. “Dulu dianggapnya hanya batu biasa. Ya nanti akan diberikan tempat untuk mengamankan batu tersebut,” ujarnya.

Ketua Dewan Kebudayaan Gunungkidul, CB Supriyanto mengatakan sudah mendengar adanya kabar penemuan batu tersebut, namun ia juga belum tahu pasti kelanjutannya, dan menurutnya perlu diteliti lebih jauh.

“Sudah dengar adanya kabar penemuan batu tersebut, tetapi memang perlu diteliti lagi lebih jauh oleh yang ahli dibidangnya. Jika memang bernilai sejarah atau budaya ya harus dijaga,” ujarnya.

Ia mengatakan peran masyarakat penting untuk melindungi benda-benda yang bernilai sejarah atau budaya. Laporan dari masyarakat nantinya juga akan ditindaklanjuti menurutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pelajar Meninggal saat Seleksi Paskibra Sempat Alami Kejang dan Mulut Keluar Busa

News
| Sabtu, 20 April 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement