HUT Kota Jogja Tahun Ini Akan Lebih Semarak, Pesta Sebulan Penuh

Logo Pemkot Jogja (Harian Jogja)
29 September 2018 18:37 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Kegiatan rangkaian HUT Kota Jogja yang diperingati setiap 7 Oktober, digelar lebih semarak. Masyarakat Jogja melaksanakan pesta ulang tahun selama sebulan penuh dalam perlehatan 'Festival Jogja Kota'.

Rangkaian kegiatan tersebut akan dimulai di Kleringan pada Senin (1/10/2018). Pada saat itu, masyarakat dan aparat pemerintah akan melakukan prosesi wiwitan berupa potong tumpeng dan dhahar kembul sego megono.

"Di sela proses wiwitab, dikenalkan juga logo HUT Jogja ke 262 tahun oleh Walikota dan Wakil Walikota," kata Kepala Bidang Daya Tarik Wisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Jogja Edy Sugiharto di sela jumpa pers di Balai Kota, Jumat (28/9/2018).

Kleringan dipilih sebagai lokasi pembukaan rangkaian HUT Kota Jogja, kata Edy, karena berada di pinggiran Kali Code. Pemkot, katanya, ingin menunjukkan kepada publik jika bantaran kali juga layak untuk aktivitas besar. Apalagi Jogja dialiri tiga sungai besar yakni Kali Winongo di bagian barat, Kali Code di bagian tengah, dan Kali Gajah Wong di bagian timur.

"Sekarang bantaran sungai sudah tertata rapi dan layak untuk menggelar kegiatan. Bantaran di tiga sungai tersebut menjadi sasaran penataan lingkungan selama beberapa tahun terakhir," katanya.

Edy menjelaskan, usai wiwitan pada hari-hari selanjutnya langsung disambut beragam kegiatan lain hingga 31 Oktober 2018. Di antaranya Malioboro Coffee Night Festival, Jogja Great Sale, Jogja Budaya di 14 kecamatan, Wayang Jogja Night Carnival sebagai puncak acara, Grebeg Pasar, Festival Distro dan sebagainya.

Ketua Panitia Malioboro Coffee Night Festival Anggi Dita, mengatakan ada hampir 100 pegiat kopi nusantara yang terlibat. Pihaknya menyediakan 26.262 gelas kopi yang dapat dinikmati secara gratis oleh pengunjung mulai pukul 22.00 hingga 07.00 WIB.

"Tahun lalu, festival kopi ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Tahun lalu kami sediakan 10.000 cup, tapi jumlah yang disediakan lebih dari itu," katanya.

Jika tahun lalu kegiatan festival dipusatkan pada satu titik, maka tahun ini dibagi menjadi tiga titik untuk memecah keramaian. Masing-masing di depan Grand Inna Malioboro Hotel, depan Malioboro Mall, dan depan Hotel Mutiara.

Sementara Ketua Panitia Harian Jogja Great Sale Rudi P Budiharto festival belanja berhadiah tersebut diikuti oleh enam pusat perbelanjaan, 57 hotel, 31 restoran, dan enam tempat hiburan. Festival belanja itu digelar mulai 4 hingga 28 Oktober 2018.

Tak tanggung, hadiah utama berupa 1 unit Daihatsu Sigra dan 5 unit sepeda motor Honda Beat hingga perangkat elektronik lainnya. "Setiap belanja Rp 100.000, konsumen berhak memperoleh satu kupon yang akan diundi pada 31 Oktober 2018," katanya.