Advertisement

Polisi Periksa Gerombolan Bercadar Perusak Properti Tradisi Sedekah Laut di Bantul

Ujang Hasanudin
Sabtu, 13 Oktober 2018 - 18:50 WIB
Bhekti Suryani
Polisi Periksa Gerombolan Bercadar Perusak Properti Tradisi Sedekah Laut di Bantul Ilustrasi tradisi sedekah laut - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL- Polisi memeriksa sejumlah orang yang diduga merusak properti acara tradisi sedekah laut di Pantai Baru, Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Bantul, yang sedianya digelar Sabtu (13/10/2018) pagi. Tradisi tahunan itu batal digelar setelah segerombolan orang bercadar merusak berbagai properti acara tersebut.

Kapolres Bantul, AKBP Sahat Marisi Hasibuan saat dimintai konfirmasi membenarkan kejadian pengrusakan di Pantai Baru tersebut. Pihaknya sudah mengamankan sejumlah barang bukti, termasuk spanduk yang dipasang setelah pengrusakan. Sejumlah orang yang diduga ikut merusak juga sudah diperiksa.

Advertisement

"Kalau tidak salah ada sembilan orang yang diperiksa," kata Sahat, Sabtu.

Pihaknya belum bisa menjelaskan lebih detail karena proses pemeriksaan masih terus dilakukan polisi. Sahat juga menginginkan penjelasan yang utuh dalam peristiwa tersebut karena banyak informasi beredar yang belum jelas kebenarannya. "Yang jelas kami periksa peran masing-masing [terduga]," kata Sahat.

Meski panitia acara sudah tidak mempersoalkan kejadian tersebut, namun polisi, kata Sahat, butuh penjelasan yang utuh, sehingga pihaknya tetap memproses kasus pengrusakan itu. Selain memeriksa pelaku, polisi juga terus melengkapi keterangan dari sejumlah saksi.

Perusakan itu terjadi pada Jumat (12/10/2018) tengah malam.Acara sedekah laut yang sudah berlangsung tiap tahun itu akhirnya hanya menggelar acara pentas keseniannya tanpa acara pelarungan sesaji ke laut. Seorang nelayan Pantai Baru, Tuwuh, 48, membenarkan pengrusakan properti sedekah laut tersebut.

"Baru kali ini acara sedekah laut di batalkan. Tenda dan panggung kehormatan sudah terpasang tapi tidak ada sedekah lautnya," kata Tuwuh, Sabtu.

Menurut Tuwuh, pengrusakan terjadi sekitar pukul 23.30 WIB di sekitar pintu masuk Pantai Baru, tepatnya dekat patung ikan hiu dan macan yang menjadi ikon pantai tersebut. Gerombolan orang sekitar 50 orang datang dengan sekitar 20 kendaraan roda empat dan sejumlah kendaraan roda dua.

Mereka langsung merusak gapura tempat acara, meja, dan mengobrak-abrik kursi tamu yang sudah tertata rapi. "Bilang Allahu Akbar, pakai cadar, nyacahbonggol [mencacah penjor] otomatis bawa senjata tajam [sajam]," kata Tuwuh.

Setelah melakukan pengrusakan, pelaku kemudian memasang spanduk bertuliskan, 'Kami menolak Semua Kesyirikan Berbalut Budaya Sedekah Laut atau Selainnya'. Tuwuh sendiri mengaku menyaksikan langsung kejadian tersebut namun tidak bisa berbuat banyak karena ketakutan.

Akibat kejadian tersebut, sejumlah agenda termasuk agenda puncak berupa labuhan pun batal digelar. Acara hanya menggelar pentas kesenian reog. Makanan sesajian pun akhirnya dibagikan langsung kepada warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lewati Sepekan, Total Gempa Susulan di Bawean Capai 383 Kali

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement