Penampilan Om Wawes Tandai Adanya Panggung Promosi di Pasar Beringharjo

Om Wawes saat tampil dalam peresmian Panggung Promosi di Lantai II Pasar Beringharjo, Selasa (18/12/2018). - Harian Jogja/Desi Suryanto
19 Desember 2018 18:20 WIB Rheisnayu Cyntara Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Salah satu grup band indie Jogja yang tengah naik daun, Om Wawes meramaikan acara peresmian panggung promosi pusat perbelanjaan Pasar Beringharjo yang dilaksanakan pada Selasa (18/12/2018). Grup band indie yang mengusung tagline Dangdut Remukan Ati ini sukses menghibur para pedagang pasar dan pengunjung yang tengah berbelanja.

Tak hanya Om Wawes yang berhasil meramaikan suasana belanja di Pasar Beringharjo, grup Extra Vagongso yang memadukan musik pop dengan gamelan juga berhasil menarik perhatian para pengunjung. Mereka rela berdesakan untuk melihat penampilan grup band Jogja ini di panggung promosi pusat perbelanjaan Pasar Beringharjo yang terletak di lantai dua.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Bisnis Pasar Beringharjo, Gunawan Nugroho Utomo mengatakan pihaknya sengaja menghadirkan dua grup band lokal tersebut untuk meresmikan adanya panggung promosi di lantai dua. Hal itu menurutnya dilakukan untuk memberi warna baru pada Pasar Beringharjo dan membuat masyarakat makin semangat untuk datang berbelanja di pasar tradisional terbesar di Jogja ini.

Peresmian panggung promosi ini menurut Gunawan bertujuan untuk rebranding Pasar Beringharjo. Pasalnya sebagai salah satu pasar tradisional, keberadaannya makin tergerus dengan adanya pasar modern atau bahkan marketplace.

Oleh sebab itu Pasar Beringharjo, menurut Gunawan, harus punya daya tarik yang bisa membuat masyarakat senang untuk datang berbelanja di sini. Salah satunya melalui lewat acara seni budaya yang diharapkan menjadi ikon baru Pasar Beringharjo.

Sebenarnya, Gunawan menyebut acara semacam ini sudah beberapa kali diadakan. Namun masih dilangsungkan di Lantai I, sehingga terkadang menggangu aktivitas jual beli di pasar. Maka panggung promosi baru pun dibangun, harapannya agar tidak menganggu pedagang maupun pembeli tetapi tetap bisa menghibur masyarakat yang datang.

Selain itu, dengan adanya panggung di Lantai II, dia berharap para pembeli di Lantai I akan tertarik untuk berbelanja di lantai II dan Lantai III.

Tak hanya itu, Gunawan juga mengatakan hiburan seni budaya bakal diadakan secara rutin, panggung pun terbuka bagi masyarakat umum yang ingin berpentas di sini. "Kami ingin mengangkat band atau musisi lawas Jogja seperti Sri Rejeki, Produk Gagal, Sastro Moeni, dan lainnya. Dengan begitu harapannya seni budaya di Jogja ini tetap hidup dan lestari. Pasar juga makin ramai pembeli," ucap Gunawan.

Sementara itu, Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti berharap panggung promosi ini bisa membawa manfaat bagi masyarakat. Apalagi panggung ini diresmikan bertepatan dengan masa libur sekolah dan akhir tahun, saat wisatawan banyak berkunjung ke Jogja.

Selain itu, dia juga berharap panggung tersebut mampu memberikan suasana baru dalam berbelanja di Pasar Beringharjo. “Pasar Beringharjo harapannya menjadi tempat yang menyenangkan,” ucap dia.